×

Iklan


Moderna Ogah Berbagi Formula Vaksin

13 Oktober 2021 | 09:42:52 WIB Last Updated 2021-10-13T09:42:52+00:00
    Share
iklan
Moderna Ogah Berbagi Formula Vaksin
Pabrik Moderna di Massachusetts, AS

Padang, Khazminang.id – Sudah capek membuat vaksin, mask iya akan dibagi begitu saja resepnya ke orang lain. Para juragan Vaksin di pabrik obat Moderna menyatakan ogah membagi formula vaksin Covid-19 mereka ke pihak lain.

Dikutip dari kantor berita AP, bos Moderna, Noubar Afeyan mengatakan menolak tawaran untuk berbagai formula ke pihak lain. Ia lebih mengtumakan produksi sendiri untuk meningkatan pasokan vaksin mereka ke seluruh dunia.

Ketika ditanyakan perihal adanya pelanggaran hak cipta atas formula mereka yang dibuat oleh pihak lain, Afeyan menegaskan kembali janji yang dibuat Moderna setahun lalu untuk tidak memaksakan tuntutan pelanggaran paten pada orang lain yang membuat vaksin virus corona selama pandemi.

    "Kami tidak harus melakukan itu, itu adalah hal yang bertanggung jawab untuk dilakukan. ... Kami ingin itu membantu dunia," kata dia.

    Afeyan mengatakan perusahaan menganalisis akan lebih baik untuk berbagi teknologi RNA messenger dan menentukan bahwa itu dapat memperluas produksi dan mengirimkan miliaran dosis tambahan pada tahun 2022.

    "Dalam enam hingga sembilan bulan ke depan, cara paling andal untuk membuat vaksin berkualitas tinggi dan efisien adalah jika kita membuatnya," kata Afeyan.

    Ditanya tentang banding dari Organisasi Kesehatan Dunia dan lainnya, dia berpendapat bahwa permohonan semacam itu diasumsikan "bahwa kita tidak bisa mendapatkan kapasitas yang cukup, tetapi sebenarnya kita tahu kita bisa."

    “Moderna berubah dari nol produksi menjadi satu miliar dosis dalam waktu kurang dari setahun," kata Afeyan, mengacu pada sprint perusahaan yang berbasis di Massachusetts untuk mengembangkan vaksin dan memproduksinya dalam jumlah besar. (eko/dari ap)