×

Iklan

SEMPAT RUSAK
Mesin X-Ray dan Pendeteksi Logam di Rutan Padang Dioperasikan Lagi

02 Desember 2022 | 14:39:53 WIB Last Updated 2022-12-02T14:39:53+00:00
    Share
iklan
Mesin X-Ray dan Pendeteksi Logam di Rutan Padang Dioperasikan Lagi

Padang, Khazminang.id-- Tim Penggeledahan Rutan Kelas IIB Padang memaksimalkan penggunaan mesin X-Ray dan pendeteksi logam untuk memeriksa barang bawaan pengunjung.

"Mesin ini sempat terhenti karena rusak, kini mesin X-Ray dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan sudah kembali dioperasikan di Rutan Padang," ungkap Kepala Rutan Kelas IIB Padang, Muhamad Mehdi, Kamis (1/12).

Dia menjelaskan, dengan demikian, barang-barang terlarang yang dibawa pengunjung, bakal dengan mudah terdeteksi, demi terciptanya Rutan Padang zero halinar (handphone, pungli dan narkoba).

    Menurutnya, ada beberapa barang yang dilarang masuk Rutan, yakni narkoba, handphone, kamera, senjata api dan senjata tajam.

    Dengan adanya alat canggih itu, mata Mehdi, upaya penyelundupan barang terlarang melalui barang bawaan pembesuk, bisa ditangkal sejak dini.

    "Ini menjadi salah satu langkah dalam upaya mendeteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban. Dengan adanya X-Ray dan pendeteksi logam ini, kita bisa lebih memaksimalkan pengamanan serta memudahkan kerja pengawasan atau pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas," jelas Mehdi.

    Dimaksimalkannya mesin X-Ray dan pendeteksi logam tersebut, kata Mehdi, dapat memudahkan petugas dalam pencegahan masuknya barang terlarang di Rutan Padang.

    "Ini merupakan suatu langkah untuk mewujudkan pemasyarakatan yang zero halinar, khususnya di Rutan Padang," imbuhnya. (khz)