×

Iklan


Menumpuk Akibat Cuaca Ekstrem, Sampah di Pantai Padang Dibersihkan

21 November 2022 | 15:54:44 WIB Last Updated 2022-11-21T15:54:44+00:00
    Share
iklan
Menumpuk Akibat Cuaca Ekstrem, Sampah di Pantai Padang Dibersihkan

Padang, Khazminang.id-- Kota Padang dilanda cuaca ekstrem beberapa hari belakangan. Akibat tingginya curah hujan, sampah pun terbawa ke muara dan menumpuk di bibir Pantai Padang.

Sampah menumpuk di bibir pantai itu diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi dan gelombang laut, hingga sampah dari hulu yang terperangkap di palung laut bertahun-tahun, dimuntahkan ke tepi pantai.

Ini dapat dilihat dari tekstur sampah yang telah menghitam dan mengalami pelapukan dan pembusukan, ditambah lagi dengan sampah yang terbawa oleh arus sungai.

    Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama Dinas Pariwisata dan Dinas Perkerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Padang terus melakukan pembersihan tumpukan sampah di Pantai Padang itu.

    Kepala DLH Kota Padang, Mairizon mengatakan, pembersihan sampah di Pantai Muaro Lasak terus dilakukan semenjak Rabu (16/11) hingga Sabtu (19/11).

    "Kami telah mengarahkan sebanyak 4 unit armada pengangkut sampah untuk pembersihan Pantai Muaro Lasak dari sampah yang terbawa oleh gelombang laut dengan total sebanyak 30 ritasi hingga hari ini," kata Mairizon, Minggu (20/11).

    Dikatakan Mairizon, setiap musim hujan, kawasan pantai ini selalu tercemar dengan beragam tumpukan sampah.

    "Ini sudah menjadi rutinitas, setiap hujan pasti ada sampah. Dalam keadaan tertentu seperti hujan dan gelombang tinggi dengan volume sampah tinggi ditangani oleh 3 OPD Kota Padang, yaitu Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas PUPR," kata Mairizon.

    Ia menambahkan, Pantai Padang merupakan salah satu destinasi andalan di Kota Padang. Oleh karena itu, pihaknya terus berupaya untuk mewujudkan destinasi wisata Pantai Padang agar bersih dari sampah. (khz)