Muara Bungo, Khazminang.id
– Maybank Indonesia bersama Allianz Life Indonesia melalui kerjasama bancassurance, membayarkan klaim manfaat
meninggal dunia dari produk Asuransi Jiwa senilai Rp5,08 miliar kepada ahli
waris nasabah Maybank Indonesia.
Dana klaim yang diterima
nasabah tersebut merupakan bukti Maybank Indonesia menjalankan misi humanising financial services, khususnya
menyediakan produk–produk keuangan yang sesuai kebutuhan nasabah.
“Kami menyediakan
solusi keuangan yang all out bagi nasabah
kami sesuai kebutuhan dan target nilai dana atas proteksi jiwa yang mereka
tetapkan. Tujuan kami jelas untuk memberikan rasa tenang kepada pemilik polis
apabila risiko hidup menjemputnya sehingga generasi penerusnya dapat
melanjutkan kehidupan yang sejahtera,” kata Direktur Community Financial
Services (CFS) Maybank Indonesia, Steffano Ridwan dalam siapan pers yang diterima
Khazminang.id, Minggu (29/8/2021).
Dikatakan, Maybank
Indonesia tak hanya sekedar tempat menyimpan dana nasabah, tetapi juga turut
memasarkan produk–produk pihak ketiga seperti produk proteksi jiwa kepada nasabah
bank swasta nasional tersebut. Peran ini tak terlepas dari komitmennya untuk menjadi
bank dengan konsep one stop financial services.
“Penyerahan dana
klaim itu dilakukan secara simbolis di kantor cabang induk Maybank Indonesia
Muara Bungo, 10 Agustus 2021 lalu oleh Junaidi, Branch Manager Maybank
Indonesia Muara Bungo dan Abdul Wafi sebagai perwakilan dari Allianz Life
Indonesia,” katanya.
Saat ini,
lanjutnya, terdapat beberapa tipe produk bancassurance
di Maybank Indonesia, salah satunya adalah asuransi jiwa unit link MyProtection
Infinite yang ditujukan bagi nasabah yang membutuhkan perlindungan optimal
termasuk perlindungan penyakit kritis, dan potensi nilai investasi yang
menyesuaikan dengan tujuan finansial yang diinginkan nasabah.
“Kemitraan dengan Allianz Life Indonesia ini sudah sejak 2016
dan lazim diterapkan industri keuangan. Dalam hal ini kita bertindak sebagai
agen/distributor untuk memperkenalkan produk Asuransi Jiwa kepada nasabah,” jelasnya.
Sementara Direktur
& Chief of Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia, Bianto
Surodjo mengatakan, Allianz menyediakan solusi perencanaan keuangan yang dapat
melindungi diri serta nilai aset yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.
“Kami senantiasa
membuktikan komitmen sejalan dengan misi kami untuk memberikan perlindungan
asuransi terlengkap kepada masyarakat Indonesia,” katanya.
Ada pun tingkat
kecukupan modal Maybank Indonesia dan Allianz berada pada level yang kuat.
Berdasarkan laporan keuangan Maybank Indonesia semester I/2021, bank ini mencatat
Rasio Kecukupan Modal (CAR)
sebesar 26,3% pada Juni 2021 meningkat dari 22,1% pada periode yang sama tahun
lalu. Sementara Allianz berdasarkan laporan keuangannya untuk semester
I/2021 mencatat rasio solvabilitas sebesar 251,91%. Tingkat kecukupan modal
maupun solvabilitas dari kedua entitas tersebut melebihi ketentuan yang
ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (devi/rel)