×

Iklan


Mengapa Orang Indonesia Banyak Terjerat Pinjol?

28 November 2023 | 04:01:01 WIB Last Updated 2023-11-28T04:01:01+00:00
    Share
iklan
Mengapa Orang Indonesia Banyak Terjerat Pinjol?

Padang, Khazanah – Saat ini banyak orang Indonesia yang terjerat pinjol (pinjaman online) dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak muda, ibu rumah tangga hingga guru. Lantas apa alasan banyak orang Indonesia terjerat pinjol? Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masyarakat yang berani mengambil pinjaman online karena terlilit utang. Selain itu gaji yang masih UMR tidak mencukui, membuat mereka memilih pinjol.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Friderica Widyasari Dewi mengungkapkan faktor latar belakang untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup membuat mereka memilih untuk pinjol.

"Ini kalau kita melihat satu survei independen yang dilakukan oleh pihak independen juga, itu kalau banyak orang kena pinjol ilegal itu karena memenuhi gaya hidup ya. Tapi biasanya mereka juga sudah mempunyai utang sebelumnya. Jadi mereka menggunakan pinjol ilegal ini untuk membayar utangnya. Jadi gali lubang tutup lubang," bebernya.

    Sejak tahun 2018, hampir 7000 pinjol ilegal dan investasi ilegal telah dihentikan oleh SWI. Namun, jumlah kasus pinjol ilegal yang ditangani SWI justru meningkat hampir 2 kali lipat pada 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.

    OJK secara khusus berkomitmen untuk mengoptimalkan kinerja Satgas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (PAKI) melalui koordinasi dengan kementerian atau lembaga terkait, baik dalam hal pencegahan maupun penindakan. OJK juga menyampaikan sejak 1 Januari 2023 sampai Oktober 2023, Satgas tersebut telah menghentikan sebanyak 1.484 entitas ilegal, yang 1.466 di antaranya merupakan entitas pinjol ilegal. Pada Oktober ini, OJK telah melakukan pemblokiran terhadap 53 nomor telepon, 309 akun WhatsApp, dan 47 rekening bank.