×

Iklan


Membahayakan, 21 Penambang Emas Liar Diciduk Tim Gabungan Brimob dan Polres Solsel

11 Jun 2021 | 19:38:20 WIB Last Updated 2021-06-11T19:38:20+00:00
    Share
iklan
Membahayakan, 21 Penambang Emas Liar Diciduk Tim Gabungan Brimob dan Polres Solsel


Lubuk Ulang Aling, Khazminang.id - Penambang emas liar (illegal mining) di Batang Sipotar nagari Lubuk Ulang Aling Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan, diciduk polisi. Para penambang yang berjumlah 21 orang itu, digaruk tim gabungan Brimob Polda Sumbar dan Polres Solok Selatan. Aktivitas mereka tak hanya merusak lingkungan tetapi juga membahayakan diri mereka sendiri.

"Mereka menambang dengan cara gelondongan, membuat lobang. Tentunya berbahaya, apalagi jika terjadi longsor. Para pelaku dan barang bukti saat ini diamankan di Mapolres Solsel," kata Kapolres Solsel AKBP Tedy Purnanto, Jumat (11/6/2021).

    Dikatakan, kegiatan untuk mengungkap tindak pidana illegal mining ini dilakukan Senin (7/6/2021) lalu sekitar pukul 06.00 WIB dengan 30 personel gabungan Satreskrim Polres Solsel dan didukung Sat-Brimob Polda Sumbar.

    Untuk sampai ke lokasi tambang, pihaknya garus menempuh sekitar lima jam perjalanan dari Padang Aro menggunakan kendaraan roda empat. Setelah itu dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar satu jam menuju lokasi.

    Selain 21 pelaku, juga ikut diamankan barang bukti sebagai berikut: satu unit blower, dua selang sambungan ke lobang dari blower. Satu unit blaker/martil. Satu karung hasil galian batu emas dan 34 galon BBM berisi solar. (devi)´╗┐