×

Iklan


Memasuki 10 Hari kedua Ramadan, Inilah Lima Amalan yang Dianjurkan!

16 April 2022 | 12:51:06 WIB Last Updated 2022-04-16T12:51:06+00:00
    Share
iklan
Memasuki 10 Hari kedua Ramadan, Inilah Lima Amalan yang Dianjurkan!
Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk berbagi makanan pada sesamanya yang sedang berpuasa. Bahkan gak perlu menunggu pertengahan Ramadan, kamu boleh melakukannya sepanjang bulan suci ini selama mampu (foto: Ist/net)..

Padang, Khazminang.id--  Tidak terasa sudah dua minggu ibada puasa tahun ini dijalankan, dengan kata lain pelaksanaan puasa sudah memasuki 10 hari kedua di bulan Ramadan.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadis riwayat Abu Hurairah RA, “Awal bulan Ramadan adalah rahmat, pertengahannya magfirah, dan akhirnya ‘itqun minan nar (pembebasan dari api neraka).”

    Magfirah bermakna ampunan yang sebesar-besarnya dari Allah SWT. Maka 10 hari kedua di bulan Ramadan adalah momen di mana pintu ampunan dari Allah SWT dibuka selebar-lebarnya.

    Agar ibadah puasa kita makin berkah dan mendapat pahala berlipat ganda, yuk kerjakan lima amalan yang dianjurkan di bawah ini.

    1. Memberi Makanan Berbuka Orang yang Berpuasa

    Mengutip salah satu khotbah Rasulullah SAW yang dikisahkan Salman Al-Farisi RA,

    “Siapa saja yang memberi makanan berbuka kepada orang yang saum/puasa dengan seteguk susu, sebiji kurma, atau seteguk air, dan siapa yang mengenyangkan orang saum, maka Allah akan memberi minum dari telaga dengan satu tegukan, yang menyebabkan tidak haus sampai masuk surga.”

    Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk berbagi makanan pada sesamanya yang sedang berpuasa. Bahkan gak perlu menunggu pertengahan Ramadan, kamu boleh melakukannya sepanjang bulan suci ini selama mampu.

    2. Perbanyak Bersedekah

    Bersedekah gak hanya membersihkan harta, tapi juga menyejukkan jiwa. Berbagi kepada orang yang membutuhkan akan dilipatgandakan pahalanya di bulan Ramadan ini.

    3. Memperbanyak Salat malam

    Salat malam adalah ibadah sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebab gak semua orang sanggup melakukannya, banyak godaan seperti rasa kantuk dan malas.

    Jika kamu ingin meraih keutamaan 10 hari kedua bulan Ramadan, perbanyaklah ibadah salat malam setiap hari. Mulai dari tarawih, witir, tahajud, serta bisa ditambah salah hajat dan tasbih.

    4. Semakin Rajin Membaca Alquran

    Kitab suci Alquran diturunkan pada Rasulullah SAW sebagai pedoman hidup umat muslim. Semua aturan tentang baik-buruk dan pedoman beribadah telah disampaikan dengan jelas dalam Alquran.

    Di 10 hari kedua bulan Ramadan ini perbanyaklah membaca Alquran sekaligus memahami artinya. Gak cuma pahala yang bakal didapat, kamu juga akan merasakan ketenangan yang bertambah di dalam hati.

    5. Banyak Berzikir dan Mohon aAmpun kepada Allah SWT

    Seperti yang sudah dikatakan Rasulullah SAW, 10 hari kedua bulan Ramadan adalah momen di mana pintu ampunan dibuka seluas-luasnya. Perbanyaklah berzikir, menyebut nama Allah SWT sembari memohon ampun atas kesalahan yang sudah diperbuat.

    Bagi kamu yang mampu juga dianjurkan beriktikaf, berdiam diri di masjid semalaman untuk bermunajat dengan lebih khusyuk (*/Novrizal Sadewa).

    Sumber: https://www.idntimes.com/life/inspiration/dian-arthasalina/5-amalan-yang-dianjurkan-di-10-hari-kedua-ramadan/5