×

Iklan

FJPI SUMBAR GO TO SCHOOL #2
Melanjutkan Tradisi Menulis, SMA Adabiah 2 Padang Akan Bikin Portal Berita

30 November 2023 | 15:48:34 WIB Last Updated 2023-11-30T15:48:34+00:00
    Share
iklan
Melanjutkan Tradisi Menulis, SMA Adabiah 2 Padang Akan Bikin Portal Berita

Padang, Khazanah – Para jurnalis perempuan di Sumbar kembali menggelar pelatihan menulis bagi siswa SMA. Kali ini, mereka yang tergabung dalam Forum Jurnalis Perempuan Indonsia (FJPI) Sumbar itu berbagi ilmu dan pengalaman dengan siswa SMA Adabiah 2 Padang, Rabu (29/11/2023).

Sebanyak 40 siswa yang mempunyai minat di bidang menulis didampingi guru Bahasa Indonesia, Elly Nofriati menyambut kedatangan rombongan yang dipimpin Ketua FJPI Sumbar, Nita Indrawati (pimred www.padangmedia.com) didampingi Devi Diany (www.khazminang.id), Yuke (Harian Singgalang), Silfana (www.kitapunya.id) dan jurnalis magang Dowa Palito di sekoahnya, Komplek Perguruan Adabiah Padang.

Siswa SMA yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari pelajar kelas X, XI dan XII. Beberapa siswa di antaranya pernah mengikuti pelatihan jurnalistik. Mereka juga telah melakukan kerja jurnalistik dan melahirkan sebuah karya berupa tabloid yang diberi nama Seru atau singkatan dari Sesuatu yang Baru.

    “Tabloid Seru adalah karya siswa kami. Namun siswa yang pernah mendapat pelatihan menulis ini akan segera menamatkan pendidikannya di SMA Adabiah 2, sehingga kegiatan jurnalistik mereka terhenti sejenak. Jadi kita perlu melakukan regenerasi agar kegiatan menulis ini selalu ada dan tidak vakum,” ujar Elly Nofriati.

    Gayung pun bersambut. Itu pula yang diprogramkan oleh FJPI Sumbar dalam rangka menyambut ulang tahun FJPI 22 Desember dan Hari Roehana Kudus pada 20 Desember 2023. Para jurnalis perempuan ini langsung berinteraksi dengan para siswa, membangun semangat mereka agar tetap rajin menulis, menuangkan apa saja dalam bentuk tulisan, seperti catatan harian.

    “Bayangkan saja seperti menulis surat cinta. Dilakukan berulang kali karena merasa yang ditulis belum tepat lalu dihapus dan diulang lagi menulisnya,” ujar Yuke yang tampil memberikan materi.

    Usai pemaparan materi tentang berita hardnews dan softnews dan tentunya tak lupa unsur berita 5W+1H, para siswa diminta untuk menulis profil singkat guru Bahasa Indonesianya sendiri, Bu Elly Nofriati. Dengan penuh semangat mereka menulis kata demi kata menjadi kalimat indah tentang sosok guru yang mereka cintai.

    Setelahnya karya mereka dikumpulkan semuanya. Sungguh, dari sana terlihat kemampuan menulis mereka patut diacungi jempol. Jika mereka rajin membaca dan rajin menulis, maka tulisan mereka tak kalah dengan para jurnalis.

    “Jika ada yang ingin menulis, maka karyanya tak hanya bisa muncul di tabloid saja, tetapi bisa juga terbit di media online anggota FJPI Sumbar,” ujar Nita Indrawati.

    Dan ternyata, pihak sekolah juga antusias hendak membuat website atau portal untuk menampung karya-karya siswanya.

    “Kami ingin membuat portal berita khusus untuk menampung karya siswa-siswa kami,” ujar Kepala Sekolah SMA Adabiah 2 Padang, Hj.Ratna Gusti Herlina, MPd. (devi)