×

Iklan


Mau Lihat Lomba Marandang? AYo ke Pekan Budaya Limapuluh Kota di Sarilamak

02 Juli 2024 | 11:34:28 WIB Last Updated 2024-07-02T11:34:28+00:00
    Share
iklan
Mau Lihat Lomba Marandang? AYo ke Pekan Budaya Limapuluh Kota di Sarilamak
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama Kadisbud Sumbar Jefrinal Arifin dan Forkopimda Limapuluh Kota bersiap memukul tansa menandai dimulainya Pekan Budaya Limapuluh Kota

Sarilamak, KkazanahMau melihat pawai budaya, lomba tari minang kreasi, lomba lagu pop minang, lomba talempong pacik, festival randai, qasidah rebana, lomba baju kuruang basiba tradisi dan modifikasi, lomba bercerita legenda Minangkabau dan pameran serta festival randang? Datanglah ke arena Pekan Budaya Limapuluh Kota yang digelar sejak Senin 1 Juli di di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mahkota Berlian di Sarilamak, Kecamatan Harau, Limapuluh Kota.

Helat nagari itu diikuti oleh perutusan dari tiap-tiap Kecamatan yang ada dalam wilayah Limapuluh Kota. Kegiatan itu berlangsung selama lima hari dan ditutup pada 5 Juli 2024.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo membuka secara resmi Pekan Budaya tersebut, hari Senin 1 JUli 2024.

    Ketua Panitia  Afri Efendi mengatakan,  Pekan Budaya Limapuluh Kota 2024 bertema 'Melalui Pekan Budaya tahun 2024, Kita Bumikan Limapuluh Kota yang Madani, Beradat dan Berbudaya'. 

    Bupati Safaruddin dalam sambutannya mengatakan, bahwa iven Pekan Budaya 2024 sengaja digelar Pemkab Limapuluh Kota di RTH Mahkota Berlian Sarilamak. Sebab, RTH tersebut dibangun memang untuk menyelenggarakan iven-iven masyarakat. 

    "Awalnya lokasi RTH ini adalah rawa-rawa, dibeli oleh Pemkab Limapuluh Kota. Maka, pada tahun 2022 rawa-rawa ini kita sulap menjadi ruang terbuka hijau, kita beri nama Ruang Terbuka Hijau Bersih Lingkungan," ujar Bupati. 

    Bupati mengungkapkan, bahwa RTH Mahkota Berlian tekah dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, baik kegiatan pemerintahan, iven maupun kegiatan masyarakat. 

    "Kita sudah gelar dua kali shalat eid di RTH ini. Selain itu, RTH Mahkota Berlian juga merupakan tempat promosi, olahraga dan kreasi. Bahkan, barusan kita juga mendapat usulan dari Kepala Kantor Kemenag untuk membangun miniatur Ka'bah di sini, agar nanti bisa melaksanakan kegiatan manasik haji. Mudah-mudahan nanti bisa kita realisasikan," ucap Bupati. 

    Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Jefrinal Arifin mengapresiasi Pemkab Limapuluh Kota yang telah sukses melaksanakan iven Pekan Budaya 2024. Menurutnya, iven Pekan Budaya banyak memberikan manfaat bagi kemajuan adat budaya daerah. 

    "Mewakili Gubernur Sumbar, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerjsama dan berpartisipasi atas terselenggaranya iven pekan budaya Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2024. Selamat kepada seluruh peserta dan panitia. Semoga memberikan banyak manfaat bagi kemajuan adat dan kebudayaan daerah," kata mantan Kaban Kesbangpol Sumbar itu.  (lili yuniati)