×

Iklan

DIKUNJUNGI BBPMP SUMBAR
Manfaatkan Kearifan Lokal, Pemkab Pessel Dukung Penuh Merdeka Belajar

28 Juli 2022 | 18:35:16 WIB Last Updated 2022-07-28T18:35:16+00:00
    Share
iklan
Manfaatkan Kearifan Lokal, Pemkab Pessel Dukung Penuh Merdeka Belajar
Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mendukung penuh program "Merdeka Belajar" guna memanfaatkan peluang untuk kearifan lokal di daerah itu (foto: Mil Hendrawandi).

Painan, Khazminang.id--  Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mendukung penuh program "Merdeka Belajar" guna memanfaatkan peluang untuk kearifan lokal di daerah itu.

 

    Bupati Pesisir Selatan, Rusmayul Anwar mengatakan program merdeka belajar ini merupakan kebijakan dari pemerintah pusat (Mendikbud) dalam meningkatkan kualitas sumber saya manusia (SDM) yang bisa diimplementasikan dalam upaya pencapaian program merdeka belajar tersebut.

     

    Kurikulum merdeka itu diluncurkan sebagai salah satu bentuk transformasi kepemimpinan. Dengan terus mengoptimalkan dan mengangkat kompetensi guru, kepala sekolah dan pengawas.

     

    "Nah, sebenarnya dengan merdeka belajar ini banyak peluang yang bisa kita manfaatkan salah satunya mungkin kearifan lokal yang bisa kita implementasikan dalam upaya pencapaian program belajar ini," kata Rusmayul Anwar.

     

    Hal itu disampaikan Rusma  saat dikunjungi kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Sumatera Barat, Drs.Mulyatsyah, MM., didampingi Iryasman sebagai Widiya Prada dan Kabag Umum Drs. Irsad Sakti, SE., dalam rangka implementasi kurikulum merdeka di rumah dinas bupati setempat, Rabu (27/7).

     

    Rusma melanjutkan, dalam pencapaian program tersebut pemerintah setempat saat ini mencoba mengambil langkah - langkah untuk mensinergikan kebutuhan, kemampuan kepada peserta didik dengan melibatkan stackholder yang ada di daerah itu.

     

    Mulai dari stackholder yang berada di tingkat kecamatan ataupun nagari sehingga bersama - sama dari pihak sekolah untuk mensukseskan program itu dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan kedepannya.

     

    "Untuk itu rumusan - rumusan kebijakan ke depan yang kita ambil dari pemerintah diharapkan sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan siswa di sekolah. Dan itu akan kita inventarisir dan menetapkan langkah - langkahnya dalam memenuhi tahapan - tahapan kegiatan merdeka belajar," ungkapnya.

     

    Di samping itu kata dia, pemerintah juga sedang mengambil langkah - langkah salah satunya adalah dengan melihat peta dan dukungan dalam melahirkan kebijakan dalam upaya pencapaian program tersebut.

     

    Termasuk juga relugasi yang akan dibuat garisan - garisan menyangkut tentang kinerja tenaga pendidik guna pencapaian program itu.

     

    "Jadi apa yang kita harapkan target - target tertentu yang telah kita tetapkan bersama dinas pendidikan jelas alat ukur kedepanya," kata dia.

     

    "Ayo bersama kita sukseskan penerapan Kurikulum merdeka, selalu semangat dan bangga menjadi bagian dari kemajuan Indonesia dan pesisir selatan," ajak Rusmayul Anwar  (Mil Hendrawandi).