×

Iklan


Mahasiswa UIN IB ber-KKN di Sumpur Kudus

02 Juli 2024 | 11:39:15 WIB Last Updated 2024-07-02T11:39:15+00:00
    Share
iklan
Mahasiswa UIN IB ber-KKN di Sumpur Kudus
Wali Nagari Tanjung Bonai Aur (TBA), Kabupaten Sijunjung, bersama dosen UIN IB Padang serta mahasiswa KKN, foto bersama. Ist

Sijunjung, Khazanah -- Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke 50 Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang tahun 2024 menunjuk Nagari Tanjung Bonai Aur (TBA), Kabupaten Sijunjung, sebagai salah satu nagari yang akan mengembangkan potensi mahasiswa. Nagari ini terletak di kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung.

Dari Kota Padang dengan jalur darat akan menghabiskan waktu sekitar 3,5 jam. KKN UIN IB Padang, akan dilaksanakan serentak dari tanggal 8 Juli sampai 18 Agustus 2024.

Tahapan pertama yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen adalah mengunjungi lokasi untuk melakukan penjajakan dan silaturrahim dengan perangkat nagari. 

    Berdasarkan kesepakatan mahasiswa dan Dosen Pembimbing lapangan, Dr. H. Eskarni Ushalli, mereka melakukan kegiatan survey lapangan yang diikuti lima mahasiswa.

    Setibanya di Kantor Wali Nagari TBA, pihak UIN IB langsung disambut hangat oleh Wali Nagari dan perangkatnya. Wali Nagari TBA, Hendra Basri,  mengucapkan selamat datang dan berterima kasih atas penunjukan TBA sebagai salah satu daerah KKN.

    "Diharapkan 21 orang mahasiswa UIN IB akan sangat membantu nagari," katanya, Senin (1/7).

    Ia mengharapkan kerjasama dan inovasi dari adik-adik mahasiswa.

    Dosen UIN IB Pasang, Dr. Eskarni Ushalli, Lc., M.A. yang juga merupakan Putra daerah Sumpur Kudus meminta, Wali Nagari dan masyarakat TBA bisa membimbing adik-adik mahasiswa nantinya.

    "Selama ini mereka sudah dijajal dengan teori di bangku perkuliahan, sekarang tiba saatnya mereka belajar di masyarakat. Tentu masih banyak kurangnya. Namun kami yakin sinergisitas masyarakat dan nagari akan menghadirkan banyak hal berharga bagi para mahasiswa,” tuturnya.

    Dalam pertemuan singkat tersebut, turut hadir 5 kepala jorong dan ketua BPN Nagari TBA, Rusman Dt. Ponji. Mahasiswa yang diketuai oleh M Ikhsan, yang merupakan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi sangat antusias dengan pemaparan Wali Nagari tentang potensi nagari.

    “InsyaAllah kami akan segera datang dan bergabung dengan masyarakat,” pungkas Ikhsan. (murdiansyah eko)