×

Iklan


Luar Biasa, Gebyar Mutiara Minang 2023 Dihadiri Pesohor Ranah Minang

27 November 2023 | 17:45:04 WIB Last Updated 2023-11-27T17:45:04+00:00
    Share
iklan
Luar Biasa, Gebyar Mutiara Minang 2023 Dihadiri Pesohor Ranah Minang

Padang, Khazanah – Luar biasa dan meriah. Kata itu layak disematkan pada Sanggar Tari Mutiara Minang, Padang. Betapa tidak. Helat tahunan yang digelar selama 2 hari, Sabtu (25/11/2023) hingga Minggu (26/112023) dalam rangkaian ulang tahun sanggar yang kini berusia 20 tahun itu, dihadiri para pesohor di Ranah Minang.

Sebut saja Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar, Anggota DPD RI Leonardi Harmainy Dt Rangkayo Basa, serta Anggota DPR RI Andre Rosiade. Ketiga tokoh tersebut menyempatkan diri hadir dalam waktu yang berbeda dan memberikan apresiasi pada anak-anak yang tampil menunjukkan kepiawaiannya menari.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Wahyu Hidayat, ulang tahun sanggar setiap tahun diperingati dengan menggelar iven bertajuk Gebyar Mutiara Minang. Seluruh sanggar tari di Sumbar diundang untuk mengikuti perlombaan yang digelar selama 2 hari, Sabtu (25/11/2023) hingga Minggu (26/11/2023).

    “Selain pesertanya dari sanggar yang ada di Kota Padang, juga hadir peserta  dari Sawahlunto dan Sijunjung,” katanya.

    Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar yang hadir pada Sabtu petang (25/11/2023), memberikan apresiasi pada anak-anak yang tampil dengan lincahnya. Anak adalah harta yang paling berharga. Setiap anak memiliki keistimewaannya  masing-masing. Dan saat ini, mereka ada di sini mengembangkan potensi dirinya sebagai pewaris seni tradisi.

    “Luar biasa. Mereka anak-anak yang sehat dan cerdas, Walau namanya mereka menari, namun sebenarnya gerakan mereka sama dengan berolahraga, berlari, menghentak dan menggerakkan tubuh ke sana kemari,” ucap Fauzi Bahar yang juga mantan Walikota Padang ini.

    Tak jauh berbeda disampaikan Anggota DPD RI, Leonardy Harmainy yang hadir pada Sabtu malam. Menurutnya, kegiatan ini patut dilanjutkan karena orangtua sudah memilih pendidikan yang tepat agar anak-anaknya terampil dalam hal ini dalam bisang seni tari dan sanggar tari telah ikut menjaga dan melestarikan seni tradisi.

    “Hal ini sesuai semangat UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas dan semangat Indonesia dalam menyongsong generasi emas 2045, generasi yang sehat, punya keterampilan, generasi cerdas dan berakhlak mulia,” kata Leonardy yang juga mantan Ketua DPRD Sumbar ini.

    Pada Minggu, Andre Rosiade yang memberikan semangat dan motivasi pada anak-anak. Mereka sangat antusias pada sosok muda yang energik itu.

    Di akhir pertemuan dengan para tokoh Ranah Minang yang membanggakan itu, para kanak-kanak hingga orangtuanya berebut minta foto bersama. Keriuhan yang terelakkan karena semua ingin berdiri disamping tokoh idolanya.

    Sejumlah sanggar yang ambil bagian dalam helat ini diantaranya Sanggar Galatiak Pitameh, Sanggar Cahaya Bundo, Satangkai Bungo, Gadih Minang, Siriah Basusun, Rangkiang Minang, Mande Kanduang, Sanggar Puti Sijunjung, Sanggar Puti Sawahlunto, Sanggar Anak Indonesia dan lainnya.

    Ketua Dewan Juri, Rosmaweni menjelaskan kriteria penilaian, yaitu wiraga terkait mutu, teknik gerakan dan tujuan gerakan. Selanjutnya wirasa, terkait ekspresi atau penghayatan penari dan senyumannya serta wirama terkait tempo atau ketepatan musik dan gerak. (devi)