×

Iklan

PENGCAB LEMKARI KOTA PAYAKUMBUH DIKUKUHKAN
Leonardy: Kesuksesan Lemkari Dilihat dari Jumlah Dojo

27 November 2023 | 22:20:08 WIB Last Updated 2023-11-27T22:20:08+00:00
    Share
iklan
Leonardy: Kesuksesan Lemkari Dilihat dari Jumlah Dojo

Payakumbuh, Khazanah – Pengurus Cabang Lemkari Payakumbuh dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan oleh Wakil Ketua Pengprov Lemkari Sumbar, Giatman di GOR Nan Ampek, Kel. Tanjung Pauh, Payakumbuh Barat, Minggu (26/11/2023).

Pengukuhan pengurus Pengcab Lemkari Kota Payakumbuh yang dipimpin H. Yendri Bodra Dt. Parmato Alam ini, disaksikan Ketua Umum PB Lemkari, H Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa. Turut hadir Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf. Adri Asmara Yuda, SH, MH, Kapolsek Payakumbuh yang diwakili Kasatlantas AKP Arwisman.

Leonardy mengucapkan selamat atas pengukuhan H. Yendri Bodra Dt. Parmato Alam sebagai Ketua Pengcab Lemkari Kota Payakumbuh beserta pengurus lainnya. Dia menegaskan, kesuksesan cabang olahraga ini dilihat dari perkembangan dojo atau tempatnya berlatih. Jika saat ini ada empat dojo di Kota Payakumbuh, jika bertambah menjadi enam, tujuh delapan bahkan jadi 10 dojo, maka Pengurus Cabang Lemkari Kota Payakumbuh dianggap oleh PB Lemkari sukses melaksanakan tugasnya.

    “Namun jika tidak seperti itu, maka cabang tersebut dianggap gagal,” ucapnya tegas.

    Untuk itu, pihaknya meminta pengurus yang baru saja dilantik berupaya maksimal meningkatkan jumlah dojo. Pengurus bersama majelis sabuk hitam (MSH) di Kota Payakumbuh bahu-membahu meningkatkan prestasi.

    Kepada para karateka, Leonardy berharap, agar terus rajin dan disiplin dalam berlatih. Atlet yang rajin dan disiplin berlatih serta mampu meraih medali emas di PON, Sea Games, Asian Games bahkan kejuaraan tingkat dunia, maka atlet itu berdasarkan undang-undang tentang keolahragaan akan diangkat menjadi PNS tanpa tes.

    Kepada hadirin, Leonardy menyatakan bahwa dilihat dari sisi sumpah karate, maka yang dilakukan perguruan karate Lemkari atau perguruan lainnya adalah tugas mulia. Perguruan membantu mempersiapkan generasi emas Indonesia guna menyongsong Tahun Emas 2045. Membentuk generasi yang sehat,terampilcerdas, dan berakhlak mulia.

    Leonardy juga mengingatkan Dandim 0306/50 Kota, bahwa GOR Nan Ompek adalah lokasi yang digunakan Lemkari saat mengadakan Ujian DAN (Yudhansa) tahun 2009. Saat itu Komandan Yonif 131/BRS Letkol Inf. Haryanto, S.IP sukses memecahkan rekor MURI. Sebanyak 1.000 karateka se-Sumatera mengikuti ujian sabuk hitam.

    “Kami berharap, agar dojo yang tumbuh dan berkembang di lingkungan Kodim 0306/50 Kota terus dilanjutkan. Dan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya,” katanya.

    Pj. Walikota Payakumbuh, Jasman Dt. Bandaro Bendang menyambut baik dan mengucapkan selamat atas pengukuhan kepengurusan Lemkari Kota Payakumbuh. Dia berharap akan banyak kegiatan Lemkari di Kota Payakumbuh.

    Menurut Jasman, jika banyak iven yang dilakukan di kota itu, maka akan terjadi peningkatan signifikan terhadap perekonomian masyarakatnya. “Kami berharap kepada Bang Leo untuk makin sering mengadakan kegiatan Lemkasi di Payakumbuh ini,” ungkapnya.

    Dalam Laporannya Ketua Pelaksana, Faisal, S.Sos mengatakan di gedung yang sama telah dilaksanakan dua kegiatan Lemkari. Pada tahun 2022 telah dilaksanakan Lemkari Open dan pada tahun ini dilaksanakan pengukuhan Pengcab Lemkari Kota Payakumbuh.

    Penampilan atraksi kata beregu dan perorangan dan dilanjutkan dengan pemasangan Sabuk Hitam dengan peringkat DAN II oleh Ketum PB Lemkari Leonardy Harmainy kepada Ketua Pengcab Lemkari Kota Payakumbuh, Yendri Bodra Dt Parmato Alam.

    Sebelum pengukuhan, di tempat yang sama dilaksanakan latihan gabungan yang diikuti oleh ratusan karateka di Sumbar. (devi/rel)