×

Iklan


Komplotan Spesialis Pencuri Ternak di Pesisir Selatan Diciduk Polisi

03 November 2022 | 15:59:44 WIB Last Updated 2022-11-03T15:59:44+00:00
    Share
iklan
Komplotan Spesialis Pencuri Ternak di Pesisir Selatan Diciduk Polisi

Painan, Khazminang.id-- Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Lengayang meringkus empat orang anggota komplotan pencuri ternak di Kampung Padang Panjang II, Kenagarian Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (2/11).

Kapolsek Lengayang, Iptu Gusmanto mengatakan, tiga di antaranya merupakan pelaku pencurian ternak yang masing-masing berinisial MU (53), I (35) dan R (59). Sementara satu pelaku lagi berinisial E (55) berperan sebagai penadahnya.

"Kejadiannya di Kampung Padang Panjang II, Kenagarian Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan pada Rabu (2/11) kemarin sekitar pukul 03.00 WIB," kata Iptu Gusmanto, Kamis (3/11).

    Dia menjelaskan, tiga pelaku diringkus atas kerja sama masyarakat setempat yang sedang ronda malam. Kala itu, warga curiga terhadap mobil Avanza yang ditumpangi ketiga pelaku saat melintas di kampung tersebut.

    "Warga melaporkan kejadian itu kepada kami dan personel langsung bergerak merespon waktu itu ke TKP (tempat kejadian perkara) dan langsung mengamankan ketiga pelaku," jelas dia.

    Dari hasil interogasi terhadap ketiga pelaku, mereka mengaku belum sempat mencuri hewan ternak di kampung tersebut. Namun mereka menyebut pernah melancarkan aksinya di wilayah lain, yang masih di Kecamatan Lengayang.

    "Atas dasar itu, dilakukan penyelidikan yang akhirnya membuahkan hasil di sebuah TKP bekerja sama dengan Tim Opsnal Macan Kumbang Satreskrim Polres Pesisir Selatan," kata dia.

    Berdasarkan keterangan pelaku, kata Gusmanto, pihaknya langsung bergerak menangkap penadah berinisial E (55) di rumahnya di Kecamatan Sutera, yang telah membeli sapi hasil curian dari ketiga pelaku senilai Rp2,5 juta.

    "Ketiga pelaku ini diduga mencuri menggunakan mobil Avanza silver, dicurigai ditemukan tali dan bau, serta bekas-bekas lainnya di mobil itu. Modusnya berpura-pula keliling dan bila menemukan ternak di jalan, langsung melakukan aksinya," jelas dia.

    Kini, keempat pelaku beserta barang bukti berupa satu unit mobil Avanza warna silver yang digunakan pelaku dalam melancarkan aksinya, serta barang bukti lainnya telah diamankan di Mapolsek Lengayang untuk proses hukum lebih lanjut.

    "Terima kasih kepada masyarakat yang cepat respon dan melaporkan, serta bersama-sama mengamankan pelaku saat akan melancarkan aksinya. Inilah manfaat Pos Kamling yang aktif di lingkungan masyarakat," pungkasnya. (Milhendra Wandi)