×

Iklan


Kolaborasi PNP-Kelurahan Koto Luar, Pengelolaan Data Kependudukan Makin Efisien

08 November 2023 | 08:57:56 WIB Last Updated 2023-11-08T08:57:56+00:00
    Share
iklan
Kolaborasi PNP-Kelurahan Koto Luar, Pengelolaan Data Kependudukan Makin Efisien
Tim PKM Jurusan TI PNP berdiskusi dengan pihak Kelurahan Koto Luar, Kecamatan Pauh, Kota Padang, terkait penerapan Appsimduk. IST

Padang, Khazminang.id-- Politeknik Negeri Padang (PNP) telah memulai perjalanan transformatif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan kolaborasi bersama Jurusan Teknologi Informasi.

Yance Sonatha selaku pemimpin proyek PKM ini mengatakan, kegiatan tersebut berjudul "Peningkatan Efisiensi Pengelolaan Masyarakat Melalui Penerapan Appsimduk di RT2/RW5, Kelurahan Koto Luar, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

"Awalnya, proyek ini dimulai untuk mengoptimalkan pengelolaan data dalam satu RT, namun sekarang telah berkembang untuk mencakup seluruh Kelurahan, berkat dukungan dan dorongan dari pemimpin masyarakat setempat," katanya, Senin (6/11/2023).

    Dikatakan, inisiatif pengabdian masyarakat ini dilakukan secara bertahap, dimulai sejak bulan April hingga Desember 2023 mendatang.

    Dimulai dari analisis kebutuhan masyarakat, diikuti dengan perancangan dan pengembangan sistem informasi yang komprehensif.

    "Saat ini tinggal proses finalisasi sebelum dilaunching pada Desember 2023 mendatang," ungkap Yance.

    Tujuan utama dari usaha ini, kata dia, adalah meningkatkan efisiensi pengelolaan data dalam Kelurahan Koto Luar, dengan fokus khusus pada pengelolaan data kependudukan.

    "Implementasi SI Koto Luar, sistem informasi yang dikembangkan oleh PNP, diharapkan dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat," paparnya.

    Kata Yance, dengan sistem informasi ini, pengelola kependudukan dapat mengubah data menjadi informasi berharga yang diperlukan untuk pengembangan dan kesejahteraan masyarakat.

    "Sistem ini akan memberdayakan otoritas lokal untuk membuat keputusan yang berdasarkan data, yang pada gilirannya akan berkontribusi pada perkembangan Kelurahan Koto Luar secara keseluruhan," ungkapnya.

    Dalam ungkapan terima kasih atas upaya kolaboratif ini, Lurah Koto Luar, Edwar berharap sinergi antara PNP dengan komunitas, khususnya Kelurahan Koto Luar yang berdekatan dengan kampus PNP ini terus berlanjut.

    "Kolaborasi ini mencerminkan komitmen bersama untuk memajukan masyarakat setempat dan mendorong perkembangan yang berkelanjutan," ungkap dia.

    Menurut Edwar, kerja sama antara PNP dan Kelurahan Koto Luar menjadi bukti peran pendidikan tinggi dalam memberikan dampak positif pada komunitas lokal.

    "Appsimduk diharapkan dapat menyederhanakan pengelolaan data kependudukan di Kelurahan Koto Luar, serta memfasilitasi program pengembangan yang terarah," tutupnya. (rel)