×

Iklan


Kodim 0311 Pessel Siap Dukung Program Pemerintah Wujudkan Ketahanan Pangan

26 Juli 2022 | 15:35:37 WIB Last Updated 2022-07-26T15:35:37+00:00
    Share
iklan
Kodim 0311 Pessel Siap Dukung Program Pemerintah Wujudkan Ketahanan Pangan
Komando Distrik Militer (Kodim) 0311 Pesisir Selatan (Pessel), siap mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan di daerah setempat (foto:Mil Hendrawandi).

Painan, Khazminang.id--  Komandan Distrik Militer (Kodim) 0311 Pesisir Selatan (Pessel), siap mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan di daerah setempat.

 

Salah satu yang digagasnya dengan melaksanakan tanaman jagung perdana serentak di Kenagarian Koto Berapak, Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, seluas 10 hektare pada dua kelompok tani pada dua kelompok tani Kapalo Parak dan Kabun Pinang, Senin (25/7).

     

    "Penanaman Food Estate ini merupakan langkah antisipasi dihadapan situasi saat ini bahwa telah ada 37 negara yang mengalami krisis ekonomi akibat pandemi Covid -19, termasuk sekarang lagi dampak dari peperangan yang terjadi di Rusia dengan Ukraina," kata Damdim 0311 Pessel, Letkol. Inf Moch Suherli.

     

    Dalam kegiatan itu dihadiri Bupati Pesisir Selatan, Rusmayul Anwar diwakili Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariyansyah, Ketua DPRD Pessel, Ermizen, Kepala Dinas Pertanian Madrianto, Kapolsek Bayang, Danramil, Camat Bayang dan Wali Nagari setempat.

     

    Suherli melanjutkan, bahwa ketahanan pangan ini salah satu program Presiden RI, Jokowi dan memang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Angkatan Darat.

     

    Dikatakanya, negara Indonesia merupakan kaya Sumber Daya Alam (SDA) akan mampu menanam yang dapat menghasilkan komoditas ekspor sampai saat ini termasuk gula dan cabai meskipun pigbek yang dilakukan negara ini dan didasari karena untuk ketersediaan pangan dinegara ini.

     

    "Kalaupun kita mempunyai sumber daya alam yang bagus kenapa ngak kita manfaatkan. Artinya apa? inilah negara kita ketahanan pangan tidak hanya bertanam padi, cabe tetapi jagung juga merupakan bagian komoditas pangan perlu ditingkatkan apalagi Sumatera Barat khusus nya di pessel yang terkenal jagungnya," ujar lulusan Akmil 2001 itu.

     

    Pada saat penanaman jagung diguyur hujan namun kondisi itu diambil hikmahnya. Karena, kata dia, air itu sumber kehidupan untuk kita dan kehidupan untuk ternak dan tanaman yang bisa menyuburkan lahan, intinya jangan pernah membenci air.

     

    "Kalau bahasa pepatahnya air itu adalah kawan. Jadi kita lihat siapa yang bisa bertahan dibawah rintikan hujan ini," selorohnya.

     

    Dirinya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah setempat atas dukungan dan kerjasamanya semoga kedepannya mampu ditingkatkan lagi

     

    "Bahwa ini bukan untuk kesatuan kami, tetapi memang kami berbuat. Kami sadar, kami adalah prajurit berasal dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Maka kami berbuat untuk rakyat apa yang terbaik untuk rakyat itulah yang terbaik untuk kami. Inilah salah satu bentuk implementasi yang kita lakukan, semoga berhasil kedepannya dan mungkin disektor - sektor lainya," tutupnya.

     

    Sementara itu Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariyansyah, bahwa pemerintah daerah setempat  sangat mendukung program dilaksanakan oleh Kodim 0311/Pessel dalam mendukung terwujudnya ketahanan pangan karena menjadi isu nasional yaitu krisis energi dan krisis pangan.

     

    Dikatakanya, jika tanam jagung bisa salah satu menjadi alternatif, karena jagung memiliki kandungan protein. Dan sejauh ini telah melakukan sinergi bersama BUMN dan BUMD dalam menjamin ketersedian pupuk di daerah itu.

     

    "Masyarakat bisa memanfaatkan potensi lahan kosong untuk dikelola secara optimal," ajaknya (Milhendra Wandi).