×

Iklan


KLB Demam Berdarah di Pasbar, 1 Korban Meninggal Dunia

13 Juni 2024 | 15:34:28 WIB Last Updated 2024-06-13T15:34:28+00:00
    Share
iklan
KLB Demam Berdarah di Pasbar, 1 Korban Meninggal Dunia
Aedes aegypti, nyamuk kecil tapi mematikan.

Simpang Empat, Khazanah – Sejak 28 Mei 2024, Pasman Barat dinyatakan sebagai daerah dengan Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk kejadian berjangkitnya penyakit demam berdarah akibat nyamuk aedes aegypti di sana.

Kini Pemkab Pasaman Barat sedang bekerja keras mengatasi sebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) itu agar tidak meningkat eskalasi serangannya ke seluruh wilayah Pasaman Barat.

    Laporan dari Pasaman Barat menyebutkan, akibat serangan DBD ini seorang warga yang menjadi korban kemudian meninggal dunia setelah melalui perawatan.

    "Sejak 28 Mei lalu kita nyatakan Pasaman Barat dengan status KLB. Masyarakat diminta mewaspadainya, apalagi sejak adanya korban yang meninggal  di Jorong Kampung Cubadak Kecamatan Pasaman,” ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Pasaman Barat, Lisfa Gusmalia hari ini di Simpang Empat.

    Menjawab pertanyaan pers, Lisfa menyebutkan bahwa sampai saat ini sudah ada tujuh orang warga Pasaman Barat yang dirawat intensif atas serangan DBD ini.

    Eskalasi serangan juga semakin terpantai ke kawasan pertama antara lain ke Jorong Pasaman Baru, Simpang Empat, Katimaha, Rimbo Binuang, Batang Biu.

    Dinkes Pasaman Barat bersama puskesmas, pemerintah kecamatan dan nagari telah melakukan pengasapan di Jorong Kampung Cubadak, serta penyelidikan epidemiologi

    "Dari hasil penyelidikan itu kita temukan jentik nyamuk di lokasi, kemudian dilakukan pemberantasan sarang nyamuk bersama pihak terkait dengan menggelar gotong royong di lokasi terjangkit," katanya. (Sutan Pamenan)