×

Iklan


Khawatir Kolesterol Naik Usai Santap Daging Kurban? Konsumsi 6 Makanan Ini

20 Jul 2021 | 00:53:59 WIB Last Updated 2021-07-20T00:53:59+00:00
    Share
iklan
Khawatir Kolesterol Naik Usai Santap Daging Kurban? Konsumsi 6 Makanan Ini
(foto: Ist/net)

Padang, Khazminang.id-- HARI Raya Idul Adha identik dengan pesta makan daging, biasanya yang paling utama adalah daging kurban sapi dan kambing.

Berlebihan terlalu banyak mengonsumsi daging berlemak, memicu naiknya level low-density lipoprotein (LDL) atau biasa disebut kolestrol jahat. Tingginya kolesterol jahat atau LDL ini akan meningkatkan resiko penyakit jantung hingga stroke.

Maka dari itu, sebagai langkah antisipasi menjaga level kolesterol dalam tubuh saat mengonsumsi daging-dagingan merah. Bisa coba enam jenis makanan ini, yang diketahui dapat membantu menurunkan level kolesterol.

    Mengutip Webmd, Senin (19/7/2021) yang sudah ditinjau oleh dokter James Beckerman, MD, FACC, ahli penyakit jantung di Providence Heart and Vascular Institute, St. Vincent Medical Center. Mari simak ulasan singkat 6 jenis makanan untuk membantu menurunkan kolesterol berikut ini.

    1. Dark chocolate

    Mengandung flavonoid, yakni antioksidan yang membantu menurunkan kadar LDL. Tapi ingat, cukup dimakandalam jumlah sedang, karena cokelat juga tinggi lemak jenuh dan gula.

    2. Alpukat

    Memiliki kandungan asam oleat yang membantu menurunkan kolesterol jahat dalam aliran darah. Selain bisa ditambahkan bersama sayur-sayuran dalam hidangan salad. Bisa juga mengonsumsinya dalam bentuk minyak alpukat, yang memiliki rasa manis yang halus sekaligus berfungsi sebagai pengganti minyak yang lebih sehat.

    3. Teh

    Teh hitam dan teh hijau hadir dengan zat antioksidan kuat yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Teh hijau biasanya mengandung lebih banyak antioksidan ini, karena terbuat dari daun yang tidak difermentasi dan lebih sedikit diproses. Jika dikonsumsi bersama krim dan gula, pakai takaran secukupnya.

    4. Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, mulai dari almond, walnut, atau pistachio bisa dikonsumsi untuk bantu mengurangi kadar LDL. Sebagai topping salad atau dimakan langsung sebagai camilan sehat. Pastikan untuk memilih opsi rendah garam, porsi yang pas karena kacang itu tinggi akan kalori. 1,5 ons sehari, atau untuk almond sekitar 30 biji atau 1/3 cangkir.

    5. Ikan

    Daging ikan contohnya salmon, tuna albacore, sarden, dan halibut semuanya kaya akan asam lemak omega-3, yang mengurangi trigliserida dalam darah. Usahakan untuk mengonsumsi 8 ons daging ikan dalam seminggu dengan cara olahan dipanggang, bukan digoreng.

    6. Pir dan apel

    Dua buah ini punya banyak kandungan pektin, yaitu sejenis serat yang dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, sama dengan jeruk seperti jeruk dan lemon, buah beri juga tinggi serat. Buah-buahan ini bisa dimakan langsung sebagai buah potong atau diolah jadi smoothies segar sebagai sarapan sehat (Novrizal Sadewa).

    Sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2021/07/19/481/2443111/khawatir-kolesterol-naik-santap-daging-kurban-konsumsi-6-makanan-ini