Padang, Khazanah -- Ini dia satu lagi
kesalahan umum yang sering dilakukan banyak karyawan saat liburan atau perayaan
akhir tahun, yaitu merka terus-terusan membicarakan pekerjaan. Itu
menurut Brandon Smith, seorang pelatih karier dan terapis yang dikenal
sebagai The Workplace Therapist.
Anda tentunya tidak ingin menjadi
rekan kerja yang masih
saja mengevaluasi rapat tim Anda, sementara rekan kerja Anda yang lain
mencoba untuk bersantai dan menikmati waktu diri mereka sendiri.
"Saya akan menghindari
membicarakan pekerjaan di waktu liburan panjang. Ini bukan
waktunya," kata Smith.
Gunakan ini sebagai kesempatan untuk
bersosialisasi tentang topik-topik yang bukan bisnis. Saat liburan penjang,
biasanya diadakan pesta perayaan di kantor.
Dan pesta itu juga biasanya tidak
diadakan di kantor. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengenal rekan kerja Anda
lebih dalam dan ajaklah berkomunikasi di luar konteks pekerjaan mereka.
"Gunakan ini sebagai kesempatan
untuk bersosialisasi tentang topik-topik di luar bisnis," kata Smith.
"Bisa bicarakan tentang keluarga. Bicarakan tentang asal usul orang
tersebut atau hobi dan minat lainnya. Apa pun yang tidak berkesinambungan dengan
proyek pekerjaan."
Hal ini akan membantu Anda membangun
hubungan yang lebih kuat dengan rekan kerja Anda. Pendekatan seperti
ini terbukti dapat meningkatkan kepuasan di tempat kerja. Dengan Anda
menganggap teman Anda sebagai teman, bukan hanya sebagai rekan kerja.
Ketika Anda mendapati liburan panjang
kerja. Tentunya Anda ingin menghabiskan waktu dengan hal-hal yang menyenangkan
dan tidak melelahkan.
Meskipun ini adalah waktu untuk
sedikit bisa untuk bersantai-santai, Anda tidak ingin melakukan sesuatu yang
akan Anda sesali. Itulah mengapa setiap orang harus pergi liburan dengan sebuah
rencana, kata Smith.
"Rencananya bisa berupa, 'Saya
akan bersenang-senang,meski hanya akan menghabiskan waktu satu atau dua hari
saja,'" katanya. "Jika ingin berpergian, tentukan kapan Anda akan
pergi dan bagaimana rencana liburan Anda dengan sebaik mungkin. Khususnya jika
Anda berada di posisi yang penting di sebuah kantor, Anda tidak ingin menjadi
orang pergi dengan cuma-cuma."
Selain itu, pertimbangkan dengan siapa
Anda ingin menjalani liburan tersebut. Jika ada rekan kerja di tim lain
atau manajer yang sangat sibuk dan Anda ingin mengenalnya lebih jauh, inilah
kesempatan Anda. Atau apabila Anda ingin menghabiskan waktu dengan yang
tersayang, maka ajaklah keluarga dan teman dekat Anda.
"Pikirkan dengan siapa Anda ingin
menghabiskan waktu," kata Smith. "Siapa yang ingin Anda ajak
menikmati waktu luang Anda, dengan pasangan atau teman Anda?"