×

Iklan

POLRI PRESISI SESUNGGUHNYA
Kerja Tulus dan Serius Dongkrak Capaian Vaksinasi Sumbar

26 Januari 2022 | 11:18:57 WIB Last Updated 2022-01-26T11:18:57+00:00
    Share
iklan
Kerja Tulus dan Serius Dongkrak Capaian Vaksinasi Sumbar
Personel Polwan Puti Singgalang Ditsamapta Polda Sumbar rutin mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

Berkat kerja tulus dan serius yang mengedepankan sikap humanis dari personel Polisi jajaran Polda Sumbar dalam mamengajak masyarakat agar mau melakukan vaksinasi Covid-19, tak mengherankan bila capaian vaksinasi di Sumbar tembus di angka 70 persen secara nasional, bahkan untuk Kota Padang saja, tingkat vaksinasinya menembus angka 80 persen. Sebuah kerja kolektif yang pantas diteladani dalam menuju Polri Presisi. !


Padang, Khazminang.id—Pagi masih berbalut kabut, udara dingin masih terasa menusuk tulang, namun Deli Sukmayanti sudah bangkit dari pembaringannya dan berberes untuk melaksanakan tugasnya sebagai anggota Polisi Wanita (Polwan) yang ditempatkan di Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polisi Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar).

Sebelum Ipda Deli menunaikan tugas dan tanggungjawabnya sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri), ia sadar benar akan kapasitasnya sebagai isteri dan ibu dari empat orang anaknya. Oleh karenanya ia tak melupakan kewajiban menyiapkan sarapan dan pakaian dinas untuk sang suami, Ipda Dasril yang tugas di Sat PJR Ditlantas Polda Sumbar serta sarapan untuk anak-anaknya.

Dua tahun belakangan, terutama saat pandemi Covid-19 merebak di berbagai penjuru dunia, tak terkecuali Sumatera Barat, intensitas tugas negara yang diembannya semakin tinggi pula. Di tengah pandemi Covid-19 merebak, tugas Polri pun menjadi semakin kompleks dan banyak variannya, tidak hanya memberikan pelayanan pada masyarakat, mengatasi masalah kejahatan, radikalisme, terorisme, dan narkotika.

Sebagai anggota Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, Polri “dipaksa keadaan” memikul sejumlah tugas tambahan.

Kata Ipda Deli pada wartawan koran ini, Senin 24 Januari 2022, sebagai langkah preemtif Polisi bertugas memetakan wilayah yang rawan penyebaran virus corona, Polri juga harus secara massif memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.
 
Sedangkan untuk langkah preventif kata dia menambahkan, Polisi juga melakukan patroli di wilayah yang rawan penyebaran Covid-19, turut melakukan pengawasan dan lainnya.

Jajaran Polda Sumbar kata Deli, juga membantu pemerintah daerah melakukan penyemprotan tempat publik dengan cairan disinfektan, ikut serta mengukur suhu tubuh bersama dengan institusi terkait lainnya, mengatur lalu lintas, dan mengawasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang ditetapkan pemerintah.

Dengan seabrek kegiatan itu, kata Deli mengenang, suatu hari senja telah berangkat perlahan dan berganti dengan malam, namun ia bersama Polwan lainnya yang tergabung dalam tim Puti Singgalang masih menjalankan tugas mengawasi kegiatan Gerai Vaksin Presisi Polda Sumbar di Kabupaten Pesisir Selatan.

Tugas negara ini pun membuat ia harus rela melangkahkan kaki di teras rumahnya Asrama Polisi, Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan, Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang sudah larut malam.

Dengan wajah kusut berbalut tubuh penat dan letih, Deli membuka gagang pintu rumah sederhananya. Sementara sang suami Ipda Dasril menyambutnya dengan senyuman namun berbalut rasa iba.

Ipda Deli tak sendiri, fakta yang sama juga dialami oleh sekitar 18 orang Polwan yang tergabung dalam tim Puti Singgalang, seperti Bripda Rita Azahra, Bripda Revigadef Aurellia, Bripda Vani Dwiputri Marcania, Bripda Pytri Aulia Rahmadani dan Bripda Yolanda Widya Putri.

Namun kata Ipda Deli, mereka harus menjalankan tugasnya dengan penuh tanggungjawab, meski terkadang karena kesibukan mengawal pelaksanaan vaksinasi yang hari pelaksanaannya kebanyakan Sabtu dan Minggu, akhirnya membuat mereka tak bisa menghadiri undangan pernikahan kerabat dan keluarga. Namun mereka tak mengeluh dan berharap apa yang dilaksanakan itu akan menjadi ladang amal bagi para anggota Polri di jajaran Polda Sumbar.

Sepertinya apa yang dilakukan Ipda Deli Sukmayanti bersama Polwan Puti Singgalang lainnya, telah menjawab harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta jajaran Polri agar mereformasi diri secara total dan berupaya memperbaiki diri untuk menuju Polri Presisi (prediktif, responsibilitas, transparasi, dan berkeadilan) yang tengah diperjuangkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Memang pasca diketahui realisasi vaksinasi di Sumatera Barat (Sumbar) mendapat sorotan karena masuk dalam sembilan daerah dengan capaian vaksinasi berada di bawah rata-rata nasional, Polda Sumbar dibawah komando Kapolda Sumbar, Irjen. Pol. Teddy Minahasa, SH, SIK, MH harus memutar otak mencari cara baru dan jitu untuk meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan vaksinasi, namun tetap melakukannya dngan cara-cara yang humanis.

Ide brilian pun diapungkan Teddy Minahasa bersama Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sumbar dengan menggagas gerakan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin), yang diluncurkan di GOR H Agus Salim, Kota Padang, Sabtu 30 Oktober 2021 lalu.

Gelar vaksinasi masal yang mendapat antusias antusiasme warga ini tak hanya dilaksanakan Polda Sumbar di Kota Padang saja, tetapi jajaran Polres di 18 kabupaten dan kota juga melaksanakan gerakan Sumdarsin ini secara serentak.

Saat itu ada 20 titik lokasi yang tersebar pada Polres di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar dengan target 143.000 orang yang divaksin.

Gerakan Sumdarsin yang masih terus berlangsung hingga hari ini menjadi bukti keseriusan pemerintahan daerah bersama dengan Polda Sumbar dan Korem 032 Wirabraja dalam upaya untuk segera mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok di Sumbar.

Berkat kerja keras personel Polri dan TNI sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19, perlahan namun pasti capaian vaksinasi di Sumbar mengalami peningkatan secara signifikan.

Belum berhenti sampai di situ, mantan ajudan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ini sepertinya tak kehabisan ide briliannya. Ia pun menginstruksikan seluruh personel Polri agar mampu mengajak masyarakat secara persuasif untuk secara sadar mau melaksanakan vaksinasi Covid-19. Bahkan mantan Kapolda Banten ini juga memberikan penghargaan atau reward bagi jajaran Polres yang terbukti mampu meningkatkan capaian vaksinasi di wilayah hukumnya.

Kata Kabid Humas Polda Sumbar, Stefanus Satake Bayu Setianto, SIK, pada Senin 8 November 2021 saja ada sebayak 36 personel Polda Sumbar, yang terdiri dari pejabat utama Polda, Kapolres, dan anggota Polda yang mendapatkan penghargaan dari Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa.

Personel yang menerima penghargaan kata Satake Bayu, dibagi dalam beberapa kategori, diantaranya adalah: Personel yang diperbantukan di satuan wilayah atau Polres, yang telah berhasil membawa jumlah masyarakat terbanyak dalam rangka percepatan vaksinasi Polda Sumbar. Adapun terbaik I diberikan pada Kombes Pol Joko Ananto, SIK, MH jabatan Auditor Kepolisian Madya TK III Itwasda Polda Sumbar, terbaik II AKBP Hasanuddin, S.Ag jabatan Irbid I Itwasda Polda Sumbar dan terbaik III AKBP Sugeng Hariyadi, S.IK jabatan Irbid II Itwasda Polda Sumbar.

Katagori berikutnya adalah Kapolres yang telah berhasil melebihi targetnya membawa jumlah masyarakat terbanyak dalam kegiatan vaksinasi massal dalam rangka Sumdarsin (Sabtu 30 Oktober 2021) di lingkungan Polda Sumbar. Dimana terbaik I diberikan pada Kapolres Pesisir Selatan AKBP Sri Wibowo, SIK, MH, terbaik II Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH, SIK, MH dan terbaik III Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto, SIK.

Berikutnya Satker yang telah berhasil melebihi targetnya atau membawa jumlah masyarakat terbanyak dalam kegiatan vaksinasi massal dalam rangka Sumdarsin (Sabtu 30 Oktober 2021) di lingkungan Polda Sumbar. Terbaik I diberikan pada Satker Itwasda Polda Sumbar, terbaik II Satker Ditbinmas Polda Sumbar dan terbaik III Satker Biro SDM Polda Sumbar.

Selanjutnya personel Satker Polda yang telah berhasil melebihi targetnya atau membawa jumlah masyarakat terbanyak dalam kegiatan vaksinasi massal dalam rangka Sumdarsin (Sabtu 30 Oktober 2021) di lingkungan Polda Sumbar. Terbaik I adalah Ipda Ril Putra, jabatan PS. Paur Sibinorsosmas Subditbinpolmas Ditbinmas Polda Sumbar, terbaik II AKP Nasirwan, S.Sos, jabatan PS. Kanit Subdit 4 Ditintelkam Polda Sumbar, serta terbaik III Briptu Rio Puska Saputra jabatan Ba Ditresnarkoba Polda Sumbar.

Lalu personel vaksinator terbaik di lingkungan Polda Sumbar, terbaik I Pengatur I Fitri Yanti, Amd. Keb jabatan Bakes Unit I Poliklinik Biddokkes Polda Sumbar, terbaik II Penata Asmawati Andjung, Amd. Kep jabatan Paur Uryankes Subbidkespol Biddokkes Polda Sumbar dan terbaik III Elfi Agustian, STR, Keb jabatan PNS RS. Bhayangkara TK III Padang.

Tak hanya sekedar memberikan instruksi dan dorongan pada personelnya agar mampu meningkatkan capaian vaksinasi memadai, namun Irjen Teddy Minahasa bersama Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, SIK, M.Si siap sedia mewakafkan diri bagi bangsa ini untuk bekerja keras. Tak mengherankan bila dua petinggi Polda Sumbar ini kerap disua di berbagai kabupaten dan kota yang ada, guna mengawasi dari dekat pelaksanaan gebyar Sumdarsin demi menuju Polri Presisi seperti yang diidamkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (Febriansyah Fahlevi)