×

Iklan

BOM MELEDAK DI MAKASSAR
Kepala BNPT: Belum Bisa Dipastikan Jaringan Teroris Mana yang Melakukan

28 Maret 2021 | 12:56:13 WIB Last Updated 2021-03-28T12:56:13+00:00
    Share
iklan
Kepala BNPT: Belum Bisa Dipastikan Jaringan Teroris Mana yang Melakukan
Kepala BNPT Boy Rafli Amar

Jakarta, Khazminang.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar menyebutkan bahwa, belum bisa ditentukan jaringan mana yang melakukan pengemboman di depan gereja Katedral Makassar.

“Jadi kita menunggu hasil olah TKP oleh Polda Sulsel dan Densus 88,” kata Boy dalam wawancara dengan stasiun TVOne setengah jam yang lalu, hari ini.

Sebagai Kepala BNPT, Boy Rafli Amar menyatakan prihatin atas peristiwa ini. Ia berharap ini dapat disikapi dengan tenang agar kita tetap berada pada suasana yang damai, jauh dari semangat intoleran.

    (Baca juga: Dua Pelaku Bom Makasar Sulit Dikenali, Tubuhnya Berantakan)

    Menjawab pertanyaan presenter TVOne, Boy mengatakan untuk melacak jati diri pelakunya memang diperlukan data bukti-bukti hasil olah TKP itu. “ Olah TKP penting untuk melacak siapa yang menjadi pelaku, jati dirinya bagaiman,” ujar dia.

    Langkah-langkah yang mesti dilakukan ke depan kata Boy, agar masyarakat tenang, beri kesempatan pada polisi untuk mengungkap. “Masyarakat jangan terpengaruh, karena teror biasanya dimaksudkan untuk membuat masyarakat ketakutan,” ujar dia.

    Menjawab poertanyaan tentang bentuk dan modus operandi peledakan ini, menurut Boy dia tidak yakin ini adalah pelaku tunggal tanpa ada yang mengendalikan.

    Keyakinan itu, menurutnya didasari dari  peristiwa ledakan, dapat dibaca bahwa aksi ini direncanakan. “Diduga kuat dari bentuknya, ia tidak tunggal. Patut diduga ada korelasi dengan jaringan yang membuat bahan peledak dengan modus serupa. Sepeda motor, bawa bom, menetapkan target, menunjukkan efek ketakutan,” kata mantan Kapolda Papua itu. (eko/tvOne)