×

Iklan


Kemenag Sumbar: Salat Idul Adha di Rumah Saja

18 Jul 2021 | 18:33:56 WIB Last Updated 2021-07-18T18:33:56+00:00
    Share
iklan
Kemenag Sumbar: Salat Idul Adha di Rumah Saja
PELAKSANAAN salat Idul Adha di tahun 2020 lalu. DOK

Padang, Khazminang.id-- Kanwil Kemenag Sumbar mengimbau masyarakat di seluruh daerah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, untuk meniadakan salat Idul Adha di masjid atau lapangan terbuka yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Bagi daerah yang PPKM Darurat, salat Idul Adha agar dilakukan di rumah saja. Takbiran keliling juga tidak dibolehkan, cukup di masjid, musala atau di rumah masing-masing bersama keluarga," kata Plt Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Syamsuir kepada media ini, Minggu (18/7).

Dikatakan, untuk teknis pembagian daging kurban nantinya, pihak pengurus masjid dan musala juga diminta untuk mengantar langsung ke rumah-rumah warga.

    "Diantar ke rumah, tidak dibenarkan untuk berkerumun," katanya.

    Disebutkannya, penegasan itu seiring dengan telah dikeluarkannya Surat Edaran Kanwil Kemenag Sumbar bernomor B-1418/Ke.031-6/KP.02.2/07/2021, tertanggal 17 Juli 2021.

    "Dimana isi Surat Edaran tersebut adalah seluruh pejabat dan ASN, termasuk penyuluh Agama Islam honorer, yang berada di zona merah dan oranye, agar melaksanakan salat Idul Adha bersama keluarga di rumah. Kemudian menyosialisasikan kepada masyarakat yang berada pada daerah PPKM," sebutnya.

    Terbitnya surat edaran tersebut, berdasarkan surat dari Menteri Agama (Menag) RI Nomor 16 dan 17 tahun 2021.

    "Intinya, kita tetap menjalankan sesuai dengan edaran pusat. Dimana secara umum kita sampikan kepada seluruh kabupaten/kota, khususnya Padang, Padang Panjang, Bukittinggi dan Kota Solok, yang terkena PPKM darurat, agar meniadakan salat Id di masjid," ujarnya.

    Kemenag Sumbar mengimbau kepada masyarakat di empat daerah di atas, agar mematuhi imbauan dari pusat, khususnya dalam hal pelaksanaan salat Idul Adha dan penyelenggaraan ibadah kurban. Murdiansyah Eko