×

Iklan


Kemarau Tiba, Waspadai Kebakaran Lahan!

21 Juli 2022 | 14:45:58 WIB Last Updated 2022-07-21T14:45:58+00:00
    Share
iklan
Kemarau Tiba, Waspadai Kebakaran Lahan!

Padang, Khazminang.id-- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang mengingatkan warga agar tidak membakar lahan sembarangan. Kalaupun terpaksa membakar, jangan sampai ditinggalkan, sebab cuaca saat ini telah masuk musim kemarau.

"Karena kita masuk musim kemarau, maka warga harus lebih hati-hati lagi, jangan membakar lahan karena mudah menyebar," kata Kabid Operasional, Sarana dan Prasarana Damkar Kota Padang, Sutan Hendra, Rabu (20/7).

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan informasi  bahwa adanya 19 titik panas (hotspot) di Sumbar. Informasi itu dibeberkan BMKG pada Senin (18/7) lalu.

    BMKG juga mengingatkan agar warga berhati-hati, karena berdasarkan potensi mudahnya terjadi kebakaran hutan ditinjau dari analisa parameter cuaca untuk wilayah Sumbar 3 hari ke depan, sangat mudah terbakar di beberapa titik.

    Sebelumnya pada Selasa (19/7) kemarin, terjadi kebakaran lahan warga di Jalan Kimia 4, Komplek Perumahan 6, RT02/RW01, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

    Sutan juga mengatakan, kebakaran lahan diketahui setelah saksi atas nama Rahmadiyus (49) melihat api di sebuah lahan milik Zainal Bakar (70), warga sekitar.

    "Lalu saksi melaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang pukul 14.20 WIB. Berselang 19 menit kemudian, petugas Damkar sampai di lokasi untuk memadamkan api," sebutnya.

    Sekitar lebih kurang 20 menit proses pemadaman, akhirnya api pun dapat dijinakkan. Sutan juga mengatakan, lahan yang terbakar sekitar 200 meter persegi.

    "Untuk penyebab kebakaran masih belum diketahui secara pasti, apakah ada masyarakat yang melakukan pembakaran atau tidak," kata dia. (khz)