×

Iklan

DALAM GERAKAN KELUAR BERSIH
Kateda Gandeng Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar

17 Mei 2023 | 12:31:18 WIB Last Updated 2023-05-17T12:31:18+00:00
    Share
iklan
Kateda Gandeng Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar
Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) Gerakan Keluar Bersih antara Yayasan Katua Tekno Daya (Kateda) berkolaborasi dengan Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Sumbar di Bumi Perkemahan Tiger Camp. (Foto : F. Fahlevi)

Padang, Khazanah—Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) Gerakan Keluar Bersih antara Yayasan Katua Tekno Daya (Kateda) berkolaborasi dengan Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Sumbar di Bumi Perkemahan Tiger Camp, Padang, pada Rabu 17 Mei 2023 itu terasa istimewa dan semarak.

Selain bertepatan dengan pembukaan Lomba Tingkat IV Gerakan Pramuka Sumbar, hari itu juga merupakan hari spesial bagi Ketua Kawarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar yang juga Wakil Gubernur Sumbar, Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng gelar Datuak Rajo Pasisia Alam yang genap berusia 40 tahun.

Dikatakan, kegiatan kolaborasi tersebut didasari oleh semangat Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar memiliki kontribusi dalam memberikan perubahan perilaku kepada masyarakat Sumatera Barat untuk menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab.

Ir.H Surya Tri Harto, MT, MBA selaku Ketua Pembina Yayasan Kateda menyebut, berangkat dari kesamaan latar belakang yang sama-sama berkeinginan untuk berkontribusi dalam memberikan perubahan perilaku kepada masyarakat mendorong Kateda untuk berkolaborasi dengan Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar melalui Gerakan Keluar Bersih.

“Mereka nantinya bisa turut menularkan semangat kontribusi Kateda guna mewujudkan sumber daya manusia yang sadar dan peduli dalam menjaga kebersihan toilet,” kata Surya Tri Harto didampingi Direktur Eksekutif Yayasan Kateda, Muchdian Muchlis ST, M.Tech.Mgt.

Surya menyatakan, melalui kolaborasi ini diharapkan dapat menumbuhkan awareness tentang perubahan perilaku dalam menjaga kebersihan toilet bagi seluruh kader Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar serta mendukung gerakan Sumatera Barat Bersih.

“Saya mengpresiasi kolaborasi yang digalang oleh Yayasan Kateda yang dikomandoi Direktur Eksekutif Kateda Muchdian Muchlis,” jelasnya.

Sementara itu Muchdian Muchlis mengungkapkan, kolaborasi ini merupakan salah satu inisiasi Kateda untuk memulai gerakan perubahan perilaku menjaga kebersihan toilet di lingkungan Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar.

“Adapun sasaran dari Gerakan Keluar Bersih ini adalah siswa-siswi,  mahasiswa, dan seluruh individu maupun pihak yang tergabung dalam Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar,” ujar Muchdian Muchlis yang akrab disapa Aan ini.

Aan menambahkan, bentuk kolaborasi tersebut terdiri dari beberapa kegiatan yang berguna dalam membangun kesadaran berperilaku bersih menggunakan toilet bagi kader Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar seperti pembekalan materi edukasi mengenai sanitasi toilet, lomba yel-yel dan vlog terkait Gerakan Keluar Bersih, dan pemilihan Relawan Gerakan Keluar Bersih.

Aan mengungkapkan kegembiraannya dengan terjalinnya kolaborasi bersama Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar ini. “Besar harapan dengan dukungan Ketua Kawarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar, Bapak Audy Joinaldy beserta jajarannya, Gerakan Keluar Bersih ini mampu menjadi gerakan massif yang melibatkan seluruh masyarakat Sumbar,” ungkap Aan.

Aan menegaskan terima kasihnya kepada Audy Joinaldy yang dalam kapasitasnya sebagai Wakil Gubernur Sumbar telah memberikan dukungan penuh terhadap Gerakan Keluar Bersih ini.

Sementara itu Ketua Kawarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar, Audy Joinaldy dalam sambutannya menyampaikan harapan agar Gerakan Keluar Bersih bisa ini akan menjadi salah satu bentuk Gerakan Sumbar Bersih yang digagas Pemprov Sumbar di objek-objek wisata yang ada di daerah, lalu ke Desa Wisata.

Audy berharap Gerakan Keluar Bersih akan terus bergulir dan mendapat dukungan dari berbagai pihak dan seluruh lembaga pendidikan di Sumatera Barat mulai dari PAUD sampai ke perguruan tinggi, nagari, restoran, masjid dan tidak ketinggalan media luar ruang serta media sosial terlibat aktif dalam Gerakan Keluar Bersih ini.

YAYASAN KATEDA DAN GERAKAN KELUAR BERSIH
Yayasan Katua Tekno Daya disingkat Kateda dibentuk untuk menjawab kebutuhan institusi komunitas, dalam rangka restorasi paradigma anak bangsa tentang berkontribusi bagi masyarakat, bangsa dan negara, dimana didirikan secara bersama-sama oleh sejumlah alumni lintas fakultas Universitas Andalas, lintas universitas dan aktivis sosial kemasyarakatan yang memiliki semangat berkontribusi bagi masyarakat luas.

Misi yang dijalankan oleh Kateda adalah mengembangkan teknologi yang dapat memberikan atau meningkatkan nilai tambah terhadap sebuah proses untuk pemberdayaan masyarakat serta mendorong introduksi dan  penguatan budaya bagi kemanfaatan masyarakat luas.

Gerakan Keluar Bersih yang diinisiasi oleh Kateda beranjak dari kepedulian tentang perilaku hidup bersih, khususnya kebersihan di toilet umum. Dimana menurut penelitian selain petugas kebersihan toilet, ada faktor lain yang juga sangat mempengaruhi terjaganya kebersihan toilet umum, yaitu perilaku pengguna toilet.

Perilaku lama penggunaan toilet yang sebelumnya “masuk kotor-keluar kotor”, yang kemudian Kateda dengan memanfaatkan aktifitas penerapan teknologi untuk pemberdayaan dan penguatan budaya melihat ruang mengintervensi perilaku lama pengguna toilet menjadi sebuah perilaku baru yaitu : “masuk bersih-keluar bersih”.

Gerakan Keluar Bersih sudah dilaunching pada tanggal 17 November 2021 di Istana Bung Hatta Bukittinggi oleh Gubernur Sumatera Barat, Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, dan beberapa walikota dan bupati di Sumatera Barat. (F. Fahlevi)