×

Iklan


Kasus Postif Covid Terus Bertambah, Optimalkan 3 M

05 November 2020 | 23:00:02 WIB Last Updated 2020-11-05T23:00:02+00:00
    Share
iklan
Kasus Postif Covid Terus Bertambah, Optimalkan 3 M

Padang, Khazanah - Jumlah kasus Covid-19 di Sumatera Barat kini nomor 1 terbanyak di Sumatra. Sementara di tingkat nasional, Sumbar berada di peringkat ke-6, di bawah DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan. Demikian data Kementerian Kesehatan yang dirilis akun twitter resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Rabu (4/11/2020).

Berangkat dari hal itu, semua warga Sumbar harus menjaga diri dan lingkungan dari penyebaran virus corona,

Ketua Panitia Khusus Adaptasi Kebiasaan Baru DPRD Padang. Zulhardi Z Latif menyampaikan bahwa kedua belah pihak yaitu masyarakat dan pemerintah harus bahu membahu dalam mencegah penyebaran Covid ini.

    Satu cara mengoptimalkan 3 M ini dilakukan dengan menerapkan Perda Provinsi Sumbar tentang Protokol Kesehatan. Sekarang sudah mulai  dilaksanakan ada hukuman bagi mereka yang melanggar Perda ini. Kemarin sudah mulai sosialisasikan perda tersebut, diawali dengan hukuman sanksi sosial dulu, seperti membersihkan fasilitas umum dan lain-lain, katanya.

    Ia juga menyampaikan bahwa sekarang karena Padang termasuk dalam kategori zona merah Covid-19. Semua pihak hendaknya bersama-sama meningkatkan langkah-langkah pencegahan.

    "Mari kita bersatu padu, dari Pemko dan Gugus Tugas tentu menjalankan sesuai prosedur yang berlaku, terutama dalam tracking terhadap yang berkontak erat dan treatment atau karantina pada yang sample SWAB tes-nya terkonfirmasi positif.

    Wakil rakyat Kota Padang ini kembali menghimbau masyarakat untuk mengoptimalkan penerapan 3 M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.  (faisal)