×

Iklan

AKP WITRIZAWATI SH, MH
Kartini Pemberantas Narkoba dari Serambi Mekkah

22 November 2020 | 19:58:11 WIB Last Updated 2020-11-22T19:58:11+00:00
    Share
iklan
Kartini Pemberantas Narkoba dari Serambi Mekkah
AKP Witrizawati SH, MH, saat dilantik menjabat Kasat Narkoba Polres Padang Panjang.

PADANG PANJANG, Khazminang—Menjadi Polisi Wanita (Polwan) bukanlah perkara mudah, apalagi mengemban amanah sebagai Kepala Satuan (Kasat) Narkoba. AKP Witrizawati SH, MH, Kasat Narkoba Polres Padang Panjang telah membuktikan bahwa sosok wanita pun mampu untuk mengemban amanah itu dan tak bisa dipandang “sebelah mata”.

Sebagai Kasat Narkoba wanita pertama di Polres Padang Panjang menggantikan AKP Asrul Harahap, dimana serahterima jabatannya dilakukan pada Selasa 20 Oktober 2020 dipimpin Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo SIK, ternyata istri dari AKP Mairijhon mantan Kasat Samapta Polres Tanah Datar dan sekarang mengemban tugas di Direktorat Pengamanan Obyek Vital Polda Sumbar ini membuktikan bahwa ia juga mampu melakukan “perang” terhadap narkoba di Padang Panjang yang berjuluk Serambi Mekkah itu.

Di balik wajah keibuannya, ternyata wanita kelahiran Padang, 21 Januari 1978 yang menamatkan pendidikan Polwan di Ciputat Jakarta Selatan ini mampu membuat pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkoba kewalahan untuk “mengembangkan” bisnis haramnya di wilayah hukum Polres Padang Panjang.  

Bahkan baru dua hari menjabat sebagai Kasat Narkoba, ibu dari dua orang putra ini langsung menunjukan semangat dan totalitas dalam bekerja. Pada hari Kamis 22 Oktober 2020, sekira jam 19.30 WIB, AKP Witrizawati bersama Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Padang Panjang meringkus seorang pria berinisial SF (26 tahun), karena diduga menyimpan dan menguasai narkotika golongan I jenis ganja kering.

Tak sampai di situ, usai menangkap tersangka yang merupakan warga Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang itu, keesokan harinya, Jum’at 23 Oktober 2020, jam 03.00 WIB Witrizawati yang merupakan salah satu diantara 3 Kasat wanita di Polres Padang Panjang itu bersama Tim Opsnal Satres Narkoba kembali memperlihatkan komitmennya yang konsisten untuk "memerangi" narkoba di daerah berjulukan Kota Serambi Mekkah itu.

Tersangka yang berinisial RA (21 tahun) itu ditangkap personel Sat Narkoba di sebuah rumah di Kelurahan Balai Balai, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.  

Mantan Kasubag Humas Polres Padang Panjang ini kembali membuktikan bahwa narkoba benar-benar harus diperangi dan tak boleh berkembang di Padang Panjang yang juga berjuluk sebagai Mesir van Andalas (Egypte van Andalas) itu.   

Buktinya pada Senin, 16 November 2020 wanita yang mulai masuk ke Polres Padang Panjang pada tahun 2010 sebagai Kanit PPA Polres Padang Panjang itu bersama Tim Opsnal Satres Narkoba kembali melakukan penangkapan terhadap dua pengguna narkoba jenis  ganja kering. Penangkapan terhadap AI (24) warga Kelurahan Tanah Pak Lambiak dan RY (24) warga Kelurahan Koto Panjang itu dilakukan pada jam 22.30 WIB.

Wanita yang dulu pernah bercita-cita menjadi seorang perawat ini pantas untuk dipuji. Sebab, keesokan harinya, Selasa 17 November 2020, mantan Kasat Binmas ini bersama Tim Opsnal Satres Narkoba kembali melakukan penangkapan terhadap dua remaja berinisial WL (19 tahun) dan MH (17 tahun).   

Penangkapan terhadap tersangka beralamat di Kelurahan Bukit Surungan, Kecamatan Padang Panjang Barat dan Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat itu karena keduanya terlibat penyalahgunaan narkotika golongan I jenis ganja kering.

Witrizawati mengakui, mengetahui dirinya mendapat tugas memimpin Satuan Narkoba, tak dipungkiri perasaan khawatir sempat menyusupi pikiran suami dan anak-anaknya. Namun demikian sang suami yang juga seorang Polisi itu dapat memahaminya, dan tak lupa mengingatkannya untuk bekerja dengan kesungguhan hati dan penuh tanggung jawab.

Bagi Witrizawati, bekerja di lingkungan yang didominasi pria itu, tak membuatnya gentar, karena ia tahu jabatan yang diembannya itu adalah sebuah amanah dan harus dipertanggungjawabkan.
 
Ia pun tak menampik bahwa sebagai seorang perempuan banyak orang yang meragukan kemampuannya dalam mengemban tugas sebagai pemimpin di kesatuan yang berhubungan dengan penanggulangan tindak pidana narkoba.

Namun demikian kata AKP Witrizawati, ia malah menjadikan pandangan tersebut sebuah tantangan untuk ajang pembuktian diri dalam pekerjaannya.

"Alhamdullilah baru beberapa bulan menjabat sebagai Kasat Narkoba Polres Padang Panjang ternyata saya juga mampu untuk meringkus pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkoba,” ungkap Witrizawati.

AKP Witrizawati mengakui dalam setiap usahanya memberantas narkoba, selalu dapat dukungan dari pimpinan kepolisian Polres Padang Panjang sampai ke tingkat Polda Sumatera Barat (Sumbar).

"Berbekal dukungan itu membuat saya dan personel Sat Narkoba berani dan tak gentar untuk memberantas narkoba di Kota Padang Panjang," ungkap AKP Witrizawati. (Febriansyah Fahlevi)