×

Iklan


Kapolres Solok Selatan Arief Mukti Tinjau TPS Sangat Rawan Di Jorong Talantam

07 Februari 2024 | 09:46:04 WIB Last Updated 2024-02-07T09:46:04+00:00
    Share
iklan
Kapolres Solok Selatan Arief Mukti Tinjau TPS Sangat Rawan Di Jorong Talantam

Solok Selatan, Khazanah -- Tinjau persiapan pada Pemilu yang tidak lama lagi akan berlangsung. Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti S.A.S S.H., S.I.K., M.Si didampingi Ketua Cabang Bhayangkari Solok Selatan Ny. Desti Arief Mukti beserta Kabag dan Kasat dengan menggunakan perahu tempel susuri aliran sungai batang hari menuju lokasi TPS terjauh dan sangat rawan di Jorong Talantam Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan Kabupaten Solok Selatan.

Setibanya di lokasi, Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara beserta rombongan langsung menuju lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Talantam dan tempat penyimpanan surat suara sebelum digunakan setelah didistribusikan PPK ke jorong tersebut.

Pada kesempatan tersebut AKBP Arief Mukti berpesan kepada seluruh  anggota KPPS yang hadir pada saat itu agar dapat bekerja dengan sungguh sungguh karena melalui pemilu ini masa depan bangsa ditentukan.

    "Melalui Pemilu ini masa depan bangsa ditentukan, saya meminta kepada semua yang bertugas ditempat penyimpanan surat suara agar tidak lengah dan tidak meninggalkan tempat penyimpanan surat suara ini" Pesannya

    "Kita berharap pada saat pendistribusian surat suara nantinya cuaca cukup baik, sehingga debit air tidak naik, karena dari dermaga tadi ke daerah ini butuh waktu sekitar 45 menit dengan menggunakan perahu tempel", tambahnya.

    Dia menyebutkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu terkait pendistribusian surat suara, serta keamanan surat suara pada saat pendistribusian.

    "Kita sampaikan karena ini wilayah perairan, harus diperhatikan betul agar surat suara yang akan digunakan tidak basah dan cacat sehingga harus benar-benar terjaga dan terlindungi dari air", katanya

    Kapolres Arif Mukti menambahkan, sehubungan TPS di daerah ini adalah TPS terjauh dengan akses yang sulit sehingga di kategorikan sangat rawan, untuk pengamanan TPS pun berbeda dengan di pusat kecamatan.

    "Dikarenakan TPS ini adalah TPS terjauh dan sangat rawan untuk pengamanannya kita berikan perlakuan khusus mulai dari pendistribusian surat suara dan pengamanan TPS pada saat pencoblosan kita tugaskan dua orang personil setiap TPS", ujarnya.

    Koordinator divisi (Kordiv) data, Rika rahim bersama Yudi Marta Dendri Kordiv Teknis PPK Sangir Batang Hari menyebutkan di wilayah tersebut terdapat tiga Nagari dengan jumlah TPS sebanyak 18 buah. "Rinciannya Lubuk Ulang Aling Selatan 956 orang dengan Tujuh TPS, Lubuk ulang aling tengah 934 orang lima TPS dan lubuk ulang aling induk 1.639 orang dengan enam TPS dan untuk pendistribusian surat suara sendiri direncanakan pada H – 1. Kita berharap cuaca bagus sehingga pendistribusian surat suara ini tidak mengalami hambatan dan kendala, sedangkan untuk pendistribusian surat suara  kita gunakan tiga perahu tempel", katanya.