×

Iklan


Kalah di Praperadian, Polda Jabar Segera Bebaskan Pegi Setiawan

08 Juli 2024 | 20:57:46 WIB Last Updated 2024-07-08T20:57:46+00:00
    Share
iklan
Kalah di Praperadian, Polda Jabar Segera Bebaskan Pegi Setiawan
Spanduk dukungan untuk Pegi di Bandung

Bandung, KhazanahLuar biasa hakim praperadilan di PN Bandung yang memutuskan menerima seluruh gugatan penasehat hukum dari Pegi Setiawan yang pada intyinya meemohon kepada hakim prperadilan untuk menyatakan penangkapan dan penetapan status Pegi sebagai tersangka kasus meninggalnya Vina dan Eki di Cirebon 8 tahun silam.

Kemarin, Pegi dan keluarganya lega sekali ketika Hakim tunggal Eman Sulaeman memutuskan permohonan Pegi Setiawan dikabulkan seluruhnya.

Dia menyatakan proses penetapan tersangka pada Pegi dinyatakan tidak sah dan batal demi hukum.

    Bersamaan dengan itu, hakim Emn Sulaeman juga menyebutkan dalam putusannya agar Polda Jawa Barat  menghentikan penyidikan dan melepaskan Pegi dari tahanan, serta memulihkan nama baiknya.

    Ruang pengadilan menjadi riuh dengan applaus yang diberikan pengunjung begitu Eman membacakan putusannya itu. Tapi kembali ruang pengadilan menjadi tenang setelah diminta tenang oleh hakim.

    Maka Kartini, sang ibu Pegi tak kuasa menahan linangan air matanya, ia pun langsung sujud syukur di lantai pengadilan. “Terimakasih pak hakim, anak saya sudah kembali. Ia tidak pernah melakukan kesalahan membunuh orang,” katanya diantara derai air matanya.

    Pegi ditangkap setelah polisi melakukan gelar perkara  atas kasus kematian Eky dan Vina yang terjadi pada 2016. Polisi berkeyakinan mereka menemukan bukti baru dan tersangka baru yakni Pegi Setiawan. Sebagaimana disampaikan di sidang praperadilan, teradu (Polda Jabar) yang diwakili kuasa hukumnya menyatakan memiliki bukti permulaan yang disebut cukup untuk menetapkan Pegi sebagai tersangka.

    Tim kuasa hukum Polda memberikan dalih bahwa tiada ada kewajiban harus diperiksa sebagai saksi dijadikan tersangka sebagaimana yang didalilkan sebagai kesalahan Polda Jabar oleh kuasa hukum Pegi.

    Apa reaksi Pold Jabar atas putusan ini?  Tim Bidang Hukum  Polda Jabar sebagai termohon, menyatakan akan menindaklanjuti keputusan yang telah dibacakan hakim, termasuk membebaskan Pegi Setiawan.

    “Ya kita tindaklanjuti, Pegi akan kita lepas dan dihentisikkan,” ujar Kombes Polisi Nurhadi Handayani dari Polda Jabar ketika ditanya wartawan. (eko/berbagai sumber)