×

Iklan


Kafilah Sumbar Ditargetkan Sabet 3 Besar di MTQN XXIX Kalsel

28 Juli 2022 | 15:35:56 WIB Last Updated 2022-07-28T15:35:56+00:00
    Share
iklan
Kafilah Sumbar Ditargetkan Sabet 3 Besar di MTQN XXIX Kalsel

Padang, Khazminang.id-- Seleksi calon kafilah Sumbar untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXIX di Kalimantan Selatan pada 10 hingga 19 Oktober mendatang, akhirnya memasuki tahap akhir. Sebanyak 54 dari 124 peserta dinyatakan terpilih pada penutupan seleksi yang digelar di Padang, Rabu (27/7).

Ditutup Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy yang juga selaku Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Sumbar, memberikan ucapan selamat pada 54 peserta kafilah terpilih. Meski dirasa cukup berat, namun Audy optimis kafilah Sumbar dapat menampilkan yang terbaik.

Diketahui, sebagai tuan rumah pada MTQN XXVIII lalu, Sumbar berhasil menyabet juara umum, sehingga beban ekspektasi yang disematkan pada kafilah Sumbar yang akan berlomba di Kalimantan Selatan ini tentu cukup tinggi.

    "Sebagai mantan tuan rumah dan juara umum, memang beban cukup berat dan ekspektasi terhadap kafilah tinggi. Tapi kita coba menetapkan target yang lebih realistis dengan situasi dan kondisi sekarang, setidaknya lima besar atau tiga besar Insyaallah," ungkapnya.

    Ia menyampaikan, seluruh biaya kafilah selama MTQ Nasional nanti akan ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak perlu khawatir dan dapat fokus mengikuti pertandingan. 

    "Mulai dari penginapan hingga transportasi, semua sudah dipersiapkan," beber Wagub Audy.

    Tak lupa ia juga berpesan agar kesempatan ini juga dimanfaatkan kafilah untuk ikut membantu memperkenalkan Sumbar ke kafilah-kafilah dari seluruh Indonesia.

    "Selain ikut bertanding juga bantu promosikan daerah kita, undang saudara-saudara kita dari provinsi lain berkunjung ke Sumbar," tambahnya lagi.

    Turut mendampingi Wagub, Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar, Irsyad menyampaikan, selepas penutupan, kafilah direncanakan mengikuti training center bersama 18 pelatih tingkat nasional maupun provinsi.

    "Setelah penutupan nanti kita akan laksanakan training center untuk persiapan kafilah di akhir Juli, juga di awal Agustus dan September. Kafilah akan dilatih oleh pelatih-pelatih terbaik yang berpengalaman," pungkasnya. (Rina Akmal)