×

Iklan

BERBAGI KEBAHAGIAAN
JNE Jembatan Bagi UMKM Meraih Sukses

29 Desember 2020 | 15:23:30 WIB Last Updated 2020-12-29T15:23:30+00:00
    Share
iklan
JNE Jembatan Bagi UMKM Meraih Sukses
Ilustrasi. IST

Oleh : Devi Diany

Siang itu, Mama Ina baru saja selesai mengemas pesanan rendang konsumen. Dua kotak kardus yang sudah dibungkus rapi, terletak di sampingnya. Perempuan paruh baya itu sejenak meluruskan kakinya. Tak lama kemudian dia bangkit mengambil spidol dan menulis alamat penerima di sisi kotak, satu kotak dikirim ke Jakarta dan satu kotak lagi ke Surabaya.

Pada sisi kotak lainnya, wanita yang memiliki nama lengkap Anita Dikarina itu menempelkan sebuah stiker label usahanya “Randang Mama Ina”, Jalan Parak Karakah No. 40 Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang.

    “Selama pandemi, tidak banyak pesanan yang saya layani. Saya sengaja membatasi pesanan demi kenyamanan konsumen,” terang Mama Ina saat ditemui di lokasi usahanya.

    Dia pun bangkit dari duduknya dan memasukkan kedua paket tersebut ke dalam kantong plastik. Paket pesanan rendang itu harus segera dikirim karena sang pelanggan sudah menunggu. Rendang akan menjadi lauk yang disajikan saat makan malam. Konsumen Mama Ina mengundang tamu yang akan menjadi calon besannya ke rumah. Karena itu mereka sangat berharap rendang Mama Ina segera sampai sesuai jadwal yang disepakati.

    Sedangkan paket rendang satunya lagi adalah untuk keluarga Minang yang telah lama merantau. Dia sudah menjadi pelanggan tetap Mama Ina dan rutin memesan beragam varian rendang yang diproduksi Mama Ina, seperti rendang daging, rendang paru, rendang paku, rendang sosis, rendang jengkol dan rendang lokan. 

    “Ini isinya rendang daging dan rendang gurita. Konsumen saya lebih suka rendang yang masih basah atau tidak kering. Karena rendang basah ini hanya tahan 10 hari, maka harus secepatnya saya kirim,” katanya dengan mata berbinar.


    Mama Ina mengungkapkan rasa senang dan bahagia setiap kali mendapatkan pesanan. Usaha yang digelutinya makin laris manis dan tentunya mengantongi keuntungan yang setimpal. Dalam sepekan dia memasak rendang hingga tiga kali. Pesanan pun beragam, ada yang pesan 2 kg, 3 kg hingga 5 kg daging atau paru dan lainnya. 

    Dia juga ingin konsumennya mencicipi lezatnya rendang buatannya dengan bergegas mengirim paket tersebut. Agar pengiriman tepat waktu, Mama Ina selalu menggunakan jasa JNE. Bahkan tak jarang Mama Ina langsung yang mengantarkan setiap pesanan konsumen ke kantor JNE di Jalan Nipah, Kota Padang. Wanita pekerja keras ini ingin memberikan pelayanan prima bagi konsumennya.

    “Paket yang akan dikirim ini, selalu saya yang mengantarnya ke Kantor JNE. Meski pihak JNE bersedia untuk menjemput ke rumah, tetapi saya lebih suka datang sendiri ke JNE,” katanya sambil tersenyum.

    Memang, Jalur Nugraha Ekakurir atau lebih dikenal dengan JNE, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Salah satu perusahaan pengiriman logistik yang berpusat di Jakarta ini menjadi perusahaan pengiriman terbesar di Indonesia. (https://m.merdeka.com/jne/profil)

    JNE didirikan 26 November 1990 dengan nama PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir oleh Soeprapto Suparno. Awal berdirinya, perusahaan sebagai perintis salah satu divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi). Tiki sendiri merupakan perusahaan pengiriman internasional.

    Dalam melayani masyarakat, JNE menawarkan berbagai jenis layanan pengiriman sesuai kebutuhan. Namun yang paling banyak digunakan adalah YES (Yakin Esok Sampai) yaitu  layanan dengan waktu sampai di tujuan keesokan hari (termasuk Minggu dan hari libur nasional). 

    Selanjutnya paket REG (Reguler) yaitu pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, dengan perkiraan waktu sampai kiriman 1-7 hari kerja. Ada juga OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) yaitu paket pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan tarif ekonomis dengan perkiraan waktu sampai kiriman lebih lama dari layanan REGULER. Sedangkan SUPER SPEED (SS) adalah layanan pengiriman yang mengutamakan kecepatan dan penyampaiannya sesuai waktu yang disepakati (https://hot.liputan6.com/, 22 Februari 2020).

    Sesuai pesanan konsumen agar pesanannya cepat sampai, Mama Ina selalu menggunakan pengiriman JNE YES (Yakin Esok Sampai). Kepada pelanggan, dia memberi jeda waktu hingga 2 hari pesanan sampai guna mengantisipasi kendala selama proses pengiriman. Dan Mama Ina juga melacak pergerakan paketnya oleh kurir JNE.

    “Saya akan konfirmasi ke kantor JNE jika pergerakan paket terasa lama. Setelahnya saya juga menginformasikan ke pelanggan jika ada kendala di jalan sehingga pesanannya sedikit terlambat diterima,” ujarnya.

    Mama Ina telah menjadi pelanggan JNE sejak awal usaha rendang rumahannya berdiri tahun 2016. Setiap pesanan yang datang dari luar Sumatera Barat, dikirimnya lewat jasa pengiriman JNE. Begitu juga untuk pengiriman paket rendang ke luar negeri, Mama Ina juga mempercayakannya pada JNE. Pelanggannya dari luar negeri, seperti dari Norwegia dan Abu Dhabi mendapat informasi tentang kelezatan rendang buatannya dari beragam postingannya di media sosial. 

    “Saya memasarkan rendang produksi saya secara online memanfaatkan media sosial. Alhamdulillah, respon masyarakat sangat luar biasa, bahkan ada pelanggan dari luar negeri,” tuturnya.

    Tak dipungkiri, bisnis rumahan yang dijalankan secara online belakangan ini bak jamur tumbuh di musim hujan. Berbagai usaha online dilakoni masyarakat, seperti kuliner, fashion, aksesoris, cinderamata dan lainnya dijual pada konsumen hanya memanfaatkan ponsel pintar. Hal ini sejalan dengan kemajuan teknologi informasi yang menyebabkan dunia kini tanpa batas dan dukung layanan jasa pengiriman yang juga kompetitif.

    Rendang Mama Ina juga dapat ditemukan di media sosial Instagram dan Facebook. Untuk raendang daging dibandrol Rp 275 ribu/ Kg, rendang paru dan rendang gurita Rp 300 ribu/ Kg dan rendang lokal serta rendang jengkol Rp 255 ribu/ Kg. Setiap kali mengirimkan paket rendang lewat JNE, tak lupa Mama Ina memposting di Instagramnya berbagi kebahagiaan dari kerja sama yang terjalin baik dengan konsumen dan jasa pengiriman JNE. 

    Juga Mama Ina memposting rasa puas dari pelanggannya atas pelayanan pengiriman, kurir yang ramah dan sopan serta kondisi paket yang tetap rapi sampai di tangan konsumen. Dan yang lebih penting lagi, tentu ungkapan pelanggan tentang cita rasa kelezatan rendang Mama Ina.

    “Rasanya bahagia sekali ketika konsumen mengirim pesan whatsapp (WA) yang mengabarkan paket rendang sudah diterima dengan baik, kurirnya ramah dan sopan. Terus mereka juga bilang, rendangnya lezat,” ungkapnya dengan mata berbinar. ***