×

Iklan


Jenazah Pasien Covid-19 Direbut Paksa, Peti Mati Dibakar Massa

17 Juli 2021 | 11:41:55 WIB Last Updated 2021-07-17T11:41:55+00:00
    Share
iklan
Jenazah Pasien Covid-19 Direbut Paksa, Peti Mati Dibakar Massa
PETI jenazah pasien Covid-19 yang dibakar massa di Bondowoso, Jumat (16/7) malam. IST

Khazminang.id-- Puluhan warga di Bondowoso, melakukan aksi perebutan paksa jenazah pasien Covid-19 Jumat (16/7) malam sekitar pukul 23.00 WIB. Warga yang mengamuk, menghadang ambulans yang membawa jenazah P. Anies (45), membuka peti, memandikan, menyalatkan, lalu melakukan pemakaman dengan cara normal.

Informasi dihimpun di lapangan, kejadian bermula saat ambulance petugas membawa jenazah pasien COVID-19 dari RSUD dr Koesnadi Bondowoso menuju pemakaman yang sudah disediakan.

Mendadak, warga desa yang memang sudah menunggu lantas mengadang ambulans pembawa jenazah. Mereka lalu membuka dan mengambil jenazah yang memang sudah ada di dalam peti.

    Tak cuma itu. Warga kemudian mengeluarkan jenazah yang memang terbukti positif COVID-19 tersebut. Lalu memandikan, menyalatkan, dan mengebumikan sendiri, tanpa prokes. Bahkan, mereka juga langsung membakar peti jenazahnya.

    "Iya, kejadiannya tadi malam," jelas juru bicara Satgas COVID-19 Bondowoso, dr Mohamad Imron, Sabtu (17/7).

    Menurutnya, pihaknya akan segera mengumpulkan data dan informasi tentang kronologi kejadian sebenarnya peti jenazah COVID-19 dibakar. Lantas berkoordinasi dengan jajaran terkait lainnya yang ada di satgas.

    "Nanti kami akan segera gelar rilis pers," tandas Mohamad Imron, yang juga Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso ini.

    Sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan warga mengambil paksa jenazah COVID-19 dari ambulans dan membakar peti jenazah, sempat viral di media sosial. Insiden itu terjadi di Desa Kemirian, Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Jumat (16/7) malam.

    Dalam video 30 detik yang juga tersebar di grup WhatsApp, tampak warga beramai-ramai mengeluarkan jenazah pasien Covid-19 yang sudah dibungkus kain kafan.

    Di video lainnya berdurasi 1 menit 53 detik, warga meletakkan peti mati dan menyiramkan bensin lantas membakarnya. Kejadian itu menjadi tontonan warga sekitar. ryn/dbs