×

Iklan


Jelang Lebaran, Polres Pasaman Gagalkan Peredaran 0,67 Kg Sabu

18 April 2023 | 12:48:16 WIB Last Updated 2023-04-18T12:48:16+00:00
    Share
iklan
Jelang Lebaran, Polres Pasaman Gagalkan Peredaran 0,67 Kg Sabu

´╗┐Pasaman, Khazminang.id-- Jajaran Polres Pasaman menggagalkan peredaran tujuh paket besar narkotika jenis sabu dengan berat 675,61 gram senilai Rp700 juta.

Kapolres Pasaman, AKBP Yudho Huntoro mengatakan, kasus yang diungkap Tim Satresnarkoba ini menjadi catatan sejarah baru bagi Polres Pasaman selama ini.

"Berdasarkan data pengungkapan kasus, ini menjadi capaian terbesar di Polres Pasaman," kata AKBP Yudho Huntoro didampingi Kasat Resnarkoba, Iptu Ahmad Ramadhan, Senin (17/4).

    Dia menjelaskan, barang bukti narkotika jenis sabu yang disita pihaknya kali ini merupakan hasil tangkapan petugas terhadap dua pelaku beberapa waktu lalu.

    "Pelaku masing-masing Irwan alias tompel (40) dan Agus Ulharikor alias Paul (36), keduanya merupakan warga Kabupaten Agam. Total harga narkotika ini sekitar Rp700 juta," kata dia.

    Kata AKBP Yudho, kedua pelaku ditangkap di Jalan Lintas Medan-Bukittinggi, tepatnya di Jorong Air Dadok, Nagari Air Manggis, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Selasa (11/4).

    "Penangkapan tersebut berawal saat tim gabungan mendapatkan informasi bahwa akan ada pengiriman narkotika jenis sabu yang akan melewati Kabupaten Pasaman," bebernya.

    Lebih lanjut dikatakan, mendapat informasi tersebut, tim gabungan langsung bergerak cepat melakukan penyelidikan untuk memastikan informasi tersebut.

    "Saat tim melakukan penyelidikan dan pengintaian di sepanjang jalan Kecamatan Rao, tiba-tiba melintas satu unit mobil merek Suzuki Escudo dengan nomor polisi BA 1268 TE," katanya.

    Melihat mobil yang dicurigai itu, petugas langsung melakukan pembuntutan sambil berkoordinasi dengan petugas lainnya yang saat itu sedang berada di Lubuk Sikaping.

    "Usai kendaraan yang dicurigai itu diberhentikan, polisi selanjutnya melakukan pengeledahan terhadap pelaku atas nama Irwan dan Agus Ulharikor," jelas AKBP Yudho.

    "Dari dalam mobil yang dibawa pelaku, anggota menemukan sebanyak 7 paket besar narkotika jenis sabu," lanjut dia.

    Rencananya, kata dia, barang haram yang dibawa tersangka dari Provinsi Sumatera Utara itu akan dibawa dan diedarkan di daerah Ampek Nagari, Kabupaten Agam.

    "Selain mengamankan tersangka dan 7 paket besar, kami juga mengamankan barang bukti satu unit mobil merek Suzuki Escudo warna hitam dengan no polisi BA 1268 TE," bebernya.

    Saat ini, kata AKBP Yudho, kedua tersangka beserta barang bukti telah diamankan di Mapolres Pasaman guna penyidikan dan proses hukum lebih lanjut.

    "Tersangka dijerat Pasal 115 Ayat (2) subs 114 Ayat (2) subs Pasal 111 Ayat (2) subs Pasal 132 Ayat (1) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," tegasnya.

    "Dengan ancaman hukuman bisa seumur hidup atau paling lama 20 tahun atau serendah-rendahnya lima tahun dan bahkan bisa hukuman mati," sambung dia mengakhiri. (Yunefrizal)