×

Iklan


Jalur Alternatif Sicincin - Malalak Putus Lagi

07 Mei 2023 | 16:03:21 WIB Last Updated 2023-05-07T16:03:21+00:00
    Share
iklan
Jalur Alternatif Sicincin - Malalak Putus Lagi
Jalan pintas Sicincin - Malalak yang sering mengalami longsor

Lubuk Basung, Khazminang.id – Hati-hati untuk Anda yang melintas di jalur alternatif Padang – Bukittinggi via Malalak, karena Minggu dinihari tadi (7/5) jalur yang terkenal curam dan labil itu, terputus karena ada longsoran yang menimpa badan jalan.

Sejak Minggu pagi petugas  dari Pemkab Agam sudah dikerahkan ke lokasi longsor yakni di sekitar Ambacang, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak. Longsoran material menimpa badan jalan setinggi 1 meter lebih dan memadati badan jalan sepanjang lebih dari 1 meter.

    “Akibatnya, jalur itu tidak bisa dilewati kendaraan, kendaraan yang sudh terrlanjur masuk mendekati kawasan Ambacang harus putar balik dulu sampai petugas menyelesaikan pekerjaan menguruk material yang menimpa badan jalan itu,” ujar Kepala Pelaksana  BPBD Kabupaten Agam, Bambang Warsito kepada pers di Lubuk Basung.

    Longsoran itu untungnya tidak menimbulkan korban jiwa maupu  kendaraan yang tertimbun. Saat longsor, jalanan sedang sepi.

    Ia mengatakan petugas sudah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi pembersihan material longsor. Diperkirakan hari ini juga seluruh material yang menimpa jalan itu dapat diuruk dan jalur bisa normal kembali.

     

    Banjir

    Kawasan Kabupaten Agam memang cukup banyak menderita akibat bencana alam. Sejak Sabtu lalu, setidaknya ada empat Kecamatan dalam Kabupaten itu yang mengalami bencana alam.

    Di  Kecamatan Palembayan, sungai Batang Anggang meluap yang menimbulkan banjir, dua rumah dan jalan nasional Pasaman Barat – Padang di daerah itu terendam banjir, begitu juga ruas jalan provinsi di Nagarfi III Koto Silungkang.

    Di Kecamatan IV Nagariada pohon  tumbang menimpa badan jalan  nasional di Nagari Bawan. Sementara di Kecamatan Tanjung Raya, terjadi tanah longsor di Sungai Batang. "Pohon tumbang sudah dibersihkan, sehingga arus lalu lintas kembali normal. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu," Kalaksa BPBD Agam, Bambang Warsito kepada pers. (ari)