×

Iklan


Jaksa Penuntut Umum Kasus Fredy Sambo Kini Menjadi Wakajati Sumbar

02 Juli 2024 | 16:06:29 WIB Last Updated 2024-07-02T16:06:29+00:00
    Share
iklan
Jaksa Penuntut Umum Kasus Fredy Sambo Kini Menjadi Wakajati Sumbar
Kajati Sumbar Asnawi menyematkan tanda jabatan kepada Wakajati Sumbar yang baru Sugeng Hariadi

Padang, Khazanah Sugeng Hariadi, Jaksa Penuntut Umum pada kasus besar Kadiv Propam Mabes Polri Ferdy Sambo, kini dipercaya menjadi Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat setelah melepas posisi terakhirnya sebagai Wakajati Sulawesi Tenggara.

Senin 1 Juli lalu, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Barat Asnawi melantik dan mengambil sumpah jabatan Sugeng Hariadi di Kejaksaan Tinggi Sumbar Jl Raden Saleh Padang.

    Bersama dengan Sugeng Hariadi, juga dilantik Budiharto sebagai Asisten Pidana Militer (Aspidmil) Kejati Sumbar.

    Sugeng Hariadi sebelumnya menjabat Wakajati Sulawesi Tenggara menggantikan Andi Dharmawangsa yang mendapat promosi menjadi Kajati Sulawesi Barat. Sementara Budiharto menggantikan Rismu Beda.

    Dalam pengarahannya, Kajati Asnawi meminta perhatian kepada kedua pejabat baru itu. Menurut Asnawi, bahwa Sumatera Barat bakal melaksanakan kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wali Kota se Sumatera Barat dalam waktu tak lama lagi.

    “Maka diharapkan kepada institusi kejaksaan untuk menjadi atensi agar tetap waspada mendeteksi sedini mungkin hal yang dapat menghambat jalannya Pilkada,” katanya.

    Asnawi juga mengingatkan kepada seluruh insan Adhyaksa agar melaksanakan perintah Jaksa Agung. "Untuk tidak melakukan promosi, membujuk atau mengajak orang lain untuk melakukan segala bentuk aktifitas perjudian baik secara daring maupun luring. Menghindari tempat tertentu yang dapat mencemarkan harkat , martabat institusi antara lain, lokasi sarana perjudian, diskotik, klub malam, atau tempat yang serupa. Dan mengoptimalkan fungsi pejabat pengawasan melekat atau pejabat pengawas fungsional, dengan melaksanakan monitoring evaluasi jajaran di bawah, agar dapat memitigasi pelanggaran yang dilakukan," tegasnya.

    Sugeng Hariadi memang sedang menanjak karirnya. Baru pada Oktober 2023 ia dilantik sebagai Wakil Kajati Sulawesi Tenggara di Kendari, ini ia sudah dirotasi lagi ke Sumatera Barat menduduki kursi dan jabatan yang sama.

    Nama Sugeng Hariadi, memang sempat menjadi pembicaraan publik ketika ia menjadi JPU pada perkara Fredy Sambo dkk. Video Sugeng menangis saat membacakan tuntutan dugaan pelaku penembakan Barada Eliezer sempat viral di media massa dan media sosial.

    Sugeng Hariadi lahir di Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada 1 Januari 1968.

    Ia lulus jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kejaksaan pada 1993.

    Jenjang karier, Sugeng pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha di Kejati Nusa Tenggara Barat (NTB). Kemudian menjabat Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sumbawa.

    Ia kemudian dipindahkan menjadi Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Klaten.

    Beberapa tahun kemudian, Sugeng promosi sebagai Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (Asdatun) Kejati Lampung.

    Kariernya semakin melejit saat ditunjuk sebagai Kajari Garut, Provinsi Jawa Barat.

    Sugeng kemudian promosi sebagai pejabat di lingkup Kejaksaan Agung Republik Indonesia dan menduduki jabatan di JAM Tindak Pidana Umum.

    Di jabatan ini, Sugeng menjadi Jaksa Penuntut Umum dalam pengungkapan kasus penembakan ajudan Ferdy Sambo, Brigadir Yosua Hutabarat yang viral dan menjadi isu nasional 2022 lalu. (murdiansyah eko)