×

Iklan

BUPATI SUHATRI BUR SERAHKAN TANAH KE REKTOR UNP
Jadi Juga UNP Berkampus di Padang Pariaman

21 Maret 2021 | 09:50:15 WIB Last Updated 2021-03-21T09:50:15+00:00
    Share
iklan
Jadi Juga UNP Berkampus di Padang Pariaman
Bupati Suhatri Bur berorasi di depan wisudawan/ti UNP

Padang, Khazminang.id – Rencana besar yang dibuat oleh pendahulunya (Ali Mukhni) akan diteruskan oleh Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur. Rencana itu adalah membangun kawasan pendidikan tinggi di daerah itu untuk sejumlah lembaga pendidikan tingi.

“Kita sudah siapkan lahan seluas 697 hektar untuk dipakai sebagai kawasan pendidikan tinggi,” ujar Suhatri Bur ketika menyampaikan pidato ilmiah di acara wisuda ke-122 Universitas Negeri Padang (UNP) hari Sabtu di kampus Air Tawar, Padang.

    Suhatri menjelaskan, bahwa sejak lama sudah dilakukan poendekatan dan pembhasan kepada beberapa perguruan tinggi antara lain Universitas Negeri Padang, Institut Seni Indonesia serta Politikenik Negeri Padang.

    Pembicaraan dengan para pimpinan perguruan tinggi sudah dilakukan intensif sejak masa Bupati Ali Mukhni.

    “Khusus untuk  UNP, kita sudah siapkan lahan seluas 150 hektar. Dari luas itum sebanyak 137 hektar sudah bersertifikat,” kata Suhatri.

    Menurut Suhatri, dengan kehadiran sejumlah kampus perguruan tinggi di Padang Pariaman, diharapkan dapat memacu semangat para orang tua dan anak-anak tamatan SLTA melanjutkan pendidikan tinggi mereka di kampung sendiri. “Tentu saja, tujuan yang lebih besar adalah bagaimana Padang Pariaman menjadi daerah tujuan pendidikan yang diharapkan juga dapat memacu laju pertumbuhan ekonomi masyarakat karena adanya kampus-kampus besar di sini,” ujar Suhatri.

    Kata Suhatri,  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Paang Pariaman saat ini 69,72 persen atau peringkat 11 di Sumbar. Sedangkan capaian rata-rata lama sekolah di Sumbar, Padang Pariaman berada di peringkat 18 dari 19 kabupaten dan kota.

    “Maka, kehadiran perguruan tinggi di daerah ini akan menjadi pendorong Padang Pariaman memperbaiki IPM tersebut,” ujar dia.

    Dalam orasi ilmiahnya, Suharti Bur menyampaikan bahwa pendidikan sangat berpengaruh terhadap kualitas kehidupan masyarakat dan kualitas pembangunan di daerah khususnya di Kabupaten Padang Pariaman. Bupati Padang-Pariaman berharap semoga lulusan UNP dapat berpartisipasi secara aktif dalam memajukan pendidikan khususnya di Sumatera Barat. Bupati juga menjelaskan bahwa peran pendidikan sangat penting terutama di daerah terpencil dan sulit akses. Oleh sebab itu, semoga dengan di bangunnya kampus UNP di Kabupaten Padang Pariaman dapat memberikan manfaat dan kemajuan bagi Sumatera Barat,” ujar dia. 

    Usai berpidato, Bupati menyerahkan dokumen tiga persil lahan yang akan dipergunakan  untuk membangun kampus oleh Universditas Negeri Padang dan langsung diterima oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri.

    Dalam pada itu, Rektor UNP Prof Ganefri menyampaikan penghargaan kepada masyarakat dan pemerintgah Kabupaten Padang Pariaman atas perhatiannya dan diajaknya UNP dalam kerjasama ini. (suger)