×

Iklan


Inilah 5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Berpuasa

16 April 2022 | 13:02:46 WIB Last Updated 2022-04-16T13:02:46+00:00
    Share
iklan
Inilah 5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Berpuasa
Jika berbuka puasa mengkonsumsi minuman dingin dapat menyebabkan pembuluh darah berkontraksi hingga menyebabkan gangguan pencernaan (foto: Ist/net).

Padang, Khazminang.id--  Menjaga asupan makanan saat berpuasa itu penting, hal itu agar kesehatan tubuh kita tetap seimbang meski sedang berpuasa.

Untuk itu, hal yang perlu diperhatikan adalah jenis makanan yang kita konsumsi dan  jenis makanan apa saja yang sebaiknya dihindari saat berpuasa.

1. Gorengan

    Meski gotengan menjadi salah satu makanan favorit, namun akanan yang digoreng tidaklah menyehatkan untuk tubuh karena mengandung lemak jahat. Tingginya lemak jenuh mengakibatkan perlambatan pengosongan lambung, hal ini akan muncul dampak seperti naiknya asam lambung.

    2. Makanan terlalu manis

    Sebenarnya makan makanan manis sah-sah saja untuk berbuka puasa, yang di perlu dihindari adalah terlalu bnyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Jika melebihi akan membuat kadar gula darah melebihi batas normal yang dapat menyebabkan penyakit obesitas.

    3. Makanan mengandung gas

    Pentingnya menghindari makana makanan  yang mengandung gas saat berbuka yang dapat memicu peningkatan asan lambung dalam tubuh. Makanan yang mengandung gas meliputi, kol, durian, kedondong, nangka serta durian.

    4.Makanan dan minuman Bekafein

    Minuman dan minuman mengandung kafein ini bersifat diuretik yang dapat membuat cepat haus saat beraktifitas sehari. Seperti mengkonsumsi cokelat, teh, kopi, serta minuman bersoda terutama bagi kamu memiliki maag.

    5. Minuman dingin

    Beberapa dari anda pasti sering menkonsumsi es atau minuman dingin disaat berbuka puasa. Padahal, jika mengkonsumsi minuman dingin dapat menyebabkan pembuluh darah berkontraksi hingga menyebabkan gangguan pencernaan.

    Makanan dan minuman diatas memanglah sangat mengyurkan untuk dikonsumsi saat sahur maupun berbuka. Namun disisi lain ada kandungan yang tidak menyehatkan untuk tubuh kita saat menjalankan inadah puasa. Yuk lebih baik mencegah daripada mengobati!  (*/Novrizal Sadewa).

    Sumber: https://www.ayosemarang.com/kesehatan/pr-773208633/5-jenis-makanan-yang-sebaiknya-dihindari-saat-puasa?page=2