×

Iklan


Ini Penampakan Macan Sumatera, Jawi Kurban Jokowi untuk Sumbar

18 Jul 2021 | 13:11:43 WIB Last Updated 2021-07-18T13:11:43+00:00
    Share
iklan
Ini Penampakan Macan Sumatera, Jawi Kurban Jokowi untuk Sumbar
PRESIDEN RI, Joko Widodo, IST

Padang, Khazminang.id—Presiden RI, Joko Widodo kembali memberikan bantuan jawi (sapi, red) kurban untuk masyarakat Sumatera Barat. Sapi yang diberi nama “Macan Sumatera” itu, rencananya akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1442 H, Selasa (20/7) di halaman Masjid Raya Sumbar.

Sapi kurban Jokowi itu diketahui berjenis simental, dengan berat 1,2 ton. Sapi ini berasal dari Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, milik salah seorang peternak setempat, bernama Fauzal.


    SAPI kurban Presiden Jokowi untuk masyarakat Sumbar, dengan bobot 1,2 ton. IST

    Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumbar, Hefdi mengatakan, sebelum disembelih, sapi kurban dari Presiden tersebut akan diserahkan Gubernur Sumbar mewakili Presiden kepada Ketua Panitia Kurban Masjid Raya Sumbar.

    “Panitia nantinya akan menyiapkan 1.000 kantong untuk daging sapi kurban dari Presiden. Sebanyak 200 kantong di antaranya dibagikan untuk masyarakat di sekitar Masjid Raya Sumbar dan 800 kantong lagi akan dibagikan ke panti-panti yang ada di Kota Padang dan daerah yang minim sapi kurbannya,” ungkap Hefdi, Minggu (18/7).

    Selain penyembelihan sapi kurban Presiden, Pemprov Sumbar juga menyiapkan 30 ekor sapi yang akan disalurkan ke daerah-daerah terpencil di Sumbar. Penyaluran sapi kurban itu antara lain ke Nagari Muaro Sungai Lolo di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman, Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman, dan Kecamatan Tigo Lurah di Kabupaten Solok.

    “Sebanyak 30 ekor sapi tersebut merupakan sapi kurban dari seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) yang ada di lingkup Pemprov Sumbar,” ujarnya. ryn/pkt