×

Iklan


Info Penting Bagi Pemilik Meteran Listrik Prabayar

14 Agustus 2023 | 10:07:45 WIB Last Updated 2023-08-14T10:07:45+00:00
    Share
iklan
Info Penting Bagi Pemilik Meteran Listrik Prabayar

Jakarta, Khazanah – Token listrik merupakan salah satu sistem pembayaran prabayar yang mudah digunakan karena dapat memperkirakan penggunaan listrik. Adapun token atau pulsa listrik terdiri atas 20 digit angka yang kemudian dimasukkan ke meteran saat melakukan isi ulang listrik.

Namun tak jarang masyarakat mengalami kegagalan saat mengisi token listrik. Ada beberapa faktor yang menyebabkan gagal memasukkan token listrik ke meteran, antara lain:

Permohonan dari pelanggan belum terselesaikan, contohnya perubahan daya sehingga proses permohonan perlu diselesaikan dulu

    Melakukan kesalahan saat memasukkan token listrik

    Sistem meter prabayar sedang dalam periode pembaruan atau update

    Terjadi kesalahan teknis instalasi dengan dibuktikan keterangan “periksa” pada layar meteran PLN

    Selain itu, penyebab lain dari token listrik gagal diinput adalah rejectused, dan over. Reject terjadi karena pengisian token listrik gagal sehingga pengguna perlu memasukkan kembali token listrik.

    Sedangkan used terjadi karena token listrik sudah terpakai sehingga pengguna diminta mengecek token listrik yang sebelumnya diinput.

    Apabila kendala masih terjadi, mohon segera hubungi PLN 123 agar petugas datang ke rumah untuk melakukan pengecekan.

    Sementara itu, over terjadi karena daya listrik isi ulang melebihi kapasitas listrik pada meteran PLN.

    Untuk mengatasi hal tersebut pengguna dapat melakukan tambah daya dengan menghubungi PLN 123.

    Sebagai informasi, token listrik tidak mempunyai masa kadaluarsa dan bisa digunakan selama nomor kWh meter sama dengan pembelian.

    Adapun terdapat dua cara untuk mengatasi token listrik yang gagal masuk ke meteran, yakni Lapor melalui aplikasi PLN Mobile dan Lapor melalui layanan telepon 123