×

Iklan

DEMI BERI LAYANAN PRIMA
Imigrasi Padang, Jemput Bola dengan Eazy Passport

22 Feb 2021 | 11:24:07 WIB Last Updated 2021-02-22T11:24:07+00:00
    Share
iklan
Imigrasi Padang, Jemput Bola dengan Eazy Passport
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Napis (kanan) menerima memori dari pendahulunya (DOK: Humas Kanim I Padang)

Padang, Khazminang – Jemput bola di tengah pandemi, itulah yang tengah diupayakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang lewat program yang disebut Eazy Passport, demi meningkatkan kualitas layanan dan memberi kemudahan kepada masyarakat mengurus dokumen keimigrasian.

“Jadi ini Eazy Passport bukan karena pandeminya, melainkan sebelum pandemi sudah dilaunching tahun lalu oleh Direktorat Jenderal Imigrasi. Semuanya dalam rangka mempercepat layanan, memberi kemudahan, membantu masyarakat dan terutama agar tidak selalu berdesakan dengan antrian panjang ke kantor-kantor Imigrasi,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Padang, Napis kepada khazminang.id dan Harian Khazanah di ruang kerjanya Senin pagi.

Eazy Passport  adalah pelayanan paspor dimana masyarakat tidak perlu datang ke kantor Imigrasi, melainkan petugas dari Kantor Imigrasi yang datang ke tempat para pemohon paspor.

    Menurut Napis, layanan di tempat pemohonan itu mencakup pengisian formulir, wawancara, sidik jari dan berfoto biometrik. “Sedangkan untuk pencetakan dan pengambilan paspor nya tetap di kantor Imigrasi,” kata Napis yang lama bertugas di Kepulauan Riau dan Aceh itu.

    Napis yang baru memangku jabatan sebagai Kepala Kantor Imigrasi Padang sejak 11 Februari lalu menyebutkan bahwa layanan Eazy Passport  ini ditujukan pada karyawan kantor pemerintah/TNI/Polri/BUMN/BUMD/swasta, warga perumahan, dan komunitas atau organisasi dengan syarat minimal pemohon sebanyak 50 orang

    Lalu bagaimana caranya?

    Untuk bisa mendapat layanan Eazy Passport, pimpinan dari kantor atau organisasi terlebih dulu mengajukan permohonan kepada Kantor Imigrasi, setelah itu baru akan ditentukan tanggal dilaksanakan layanan.

    Layanan ini akan menambah komplit upaya peningkatan kualitas layanan di Kantor Imigrasi Padang. Sebelumnya, Kantor Imigrasi Padang sudah meluncurkan layanan khusus untuk Lansia dan dan ramah HAM yang terasa amat menolong bagi para lansia dan ibu-ibu yang membawa anaknya dalam berurusan ke kantor Imigrasi.

    Tentu saja untuk pelayanan Eazy Passport tersebut, baik pihak petugas Kantor Imigrasi maupun pihak yang menerima layanan harus tetap menggunakan protokol kesehatan untuk menjaga penularan Covid-19.

    Sebagai pejabat baru di Sumatera Barat, Napis berharap bisa memberi kemudahan bagi masyarakat daerah ini untuk keperluan yang berhubungan dengan bidang tugas keimigrasian. Dia mengaku senang mendapat tugas di Sumatera Barat yang alamnya sangat indah ini. (eko)