×

Iklan


Hewan Kurban Harus Penuhi Syarat

13 Juni 2024 | 00:42:29 WIB Last Updated 2024-06-13T00:42:29+00:00
    Share
iklan
Hewan Kurban Harus Penuhi Syarat
PANITIA kurban di masjid dan musala se Kota Padang Panjang, diingatkan untuk membeli hewan kurban yang memenuhi syarat sesuai ketentuan kesehatan dan tuntunan agama. DOK

Padang Panjang, Khazminang.id-- Jelang pelaksanaan hari raya kurban 1445 Hijriyah, Pemko Kota Padang Panjang mengingatkan panitia kurban untuk membeli hewan kurban yang memenuhi syarat kesehatan dan agama.

drh. Wahidin Beruh, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menyebutkan, dalam penampungan ternak kurban tetap memberikan hak hewan.

"Seperti tempat berteduh atau kandang yang layak, pakan, minuman dan terhindar dari stres. Jika panitia kurban ragu dengan keadaan ternak yang akan dibeli, bisa didampingi petugas ke tempat pembelian hewan kurban," kata drh. Wahidin, Rabu (12/6).

    Ia menjelaskan untuk memastikan hewan ternak layak menjadi hewan kurban, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) melakukan pemeriksaan hewan di sejumlah kandang peternak di Kota Padang Panjang.

    "Pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini sebagai upaya untuk menjamin hewan tersebut telah memenuhi syarat untuk disembelih dari segi kesehatan hewan dan syarat syariahnya sekaligus sebagai langkah antisipasi sebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Lumpy Skin Disease (LSD) dan penyakit lainnya," jelas Wahidin.

    Menurut dia pemeriksaan hewan sudah dimulai sejak seminggu lalu dengan menurunkan delapan tim ke kandang-kandang peternak yang akan dijadikan hewan kurban, baik di Kota Padang Panjang dan beberapa lokasi di luar kota.

    "Hingga saat ini telah dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 437 ekor sapi jenis Bali, Pesisir, PO, Simental, Brahman di beberapa lokasi. Di antaranya di Kelurahan Tanah Hitam, Ganting, Sigando, Silaing Atas, Silaing Bawah, Kampung Manggis, Koto Katik, Ekor Lubuk, Ngalau di Padang Panjang dan di Congkong, Nagari Andaleh, Nagari Pitalah di Kabupaten Tanah Datar," ungkap Wahidin.

    Dari pemeriksaan yang dilakukan ditemukan secara syarat umur belum sampai atau lebih dari dua tahun sekitar dua ekor dan disarankan ke panitia untuk mengganti dengan hewan yang memenuhi syarat syariat.

    Ia menambahkan saat pelaksanaan kurban, Dispangtan juga menegaskan petugas untuk pengecekan hewan kurban yang sudah disembelih guna memastikan daging hewan kurban dalam kondisi baik untuk dikonsumsi. Paul/ant