×

Iklan


Hasil Pemeriksaan Tim Keswan Padang, 350 Sapi tak Layak Dijadikan Kurban

13 Juni 2024 | 15:50:36 WIB Last Updated 2024-06-13T15:50:36+00:00
    Share
iklan
Hasil Pemeriksaan Tim Keswan Padang, 350 Sapi tak Layak Dijadikan Kurban
Di Surabaya juga dilakukan pemeriksaan sapi-sapi kurban sebelum ditetapkan untuk disembelih

Padang, Khazanah – Tidak semua sapi yang disodorkan penjual dapat dijadikan sebagai sapi kurban pada perayaan Idul Adha nanti. Di Padang, setiap ternak yang hendak dipotong itu harus mendapat rekomendasi dulu dari Tim Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian Kota Padang.

Hasil pemeriksaan oleh Tim Keswan Distan Padang terhadap 3.000 ekor sapi kurban, 350 ekor diantaranya tidak layak sebagai sapi kurban. Ini ditemukan di 60 kandang penampung sapi kurban milik pedagang sapi di Kota Padang.

    Dikutip dari laman bisnis.com. dari sebanyak 3.000 ekor sapi kurban yang akan diperiksa oleh keswan hingga H-1 Iduladha 2024 ini ternyata ada yang tidak layak untuk dijadikan sapi kurban.

    "Hingga Rabu (12/6) kemarin total sapi untuk hewan kurban yang telah diperiksa mencapai 2.650 ekor. Nah dari jumlah itu, 350 di antaranya ditemukan tidak layak untuk dijadikan hewan kurban," kata Kepala Dinas Pertanian Padang Yoice Yuliani, Kamis (13/6/2024).

    Untungnya dari ketidaklayakan sebagai sapi kurban itu tidak terdapat indikasi adanya penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang bisa membahayakatan manusia juga apabila sampai tertular karena memngonsumsi daging sapi yang terdampak.

    Menurut Yoice Yuliani, sapi-sapi hasil temuan yang masuk kelas tidak layak itu adalah sapi-sapi yang tidak sehat, ada yang sakit gigi bahkan ada yang belum cukup usia.

    Bagaimana menentukan nanti apabila sampai pada hari H penyembelihan? Menurut Yoice setiap sapi yang dinyatakan tidak layak akan dipasang penning atau tanda di telinganya. Jika masyarakat menemukan sapi pakai penning tapi masih dipotong juga, silahkan sampaikan laporan ke Tim Keswan Dinas Pertanian Padang. (eko/bisc)


    Baca Juga: Hewan Kurban Harus Penuhi Syarat