×

Iklan


Hari Baru di Sekolah Baru di Padang Panjang, dengan Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah

18 Juli 2023 | 09:38:11 WIB Last Updated 2023-07-18T09:38:11+00:00
    Share
iklan
Hari Baru di Sekolah Baru di Padang Panjang, dengan Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah
Suasana pembukaan masa sekolah baru di Padang Panjang

Padang Panjang, Khazminang.id -- Hari pertama sekolah pada sejumlah sekolah di Kota Padang Panjang, pada umumnya terlihat diisi dengan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) untuk siswa baru, yang dibuka dengan upacara bendera dan dilanjutkan dengan MPLS. 

Di SDN 1 Padang Panjang Timur (PPT) misalnya, MPLS dilaksanakan hingga 12 hari ke depan. Pihak sekolah sudah menyiapkan rangkaian kegiatan masa transisi program PAUD-SD. 

Agar siswa baru yang berjumlah 28 orang itu, bisa lebih mengenal suasana di lingkungan sekolah dan bisa menyesuaikan diri dengan sekolah, sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk belajar.

    “Seperti hari pertama ini, kami mengangkat tema Sekolahku Menyenangkan yang kegiatannya berupa pengenalan kepada orang tua dan siswa. Tujuannya agar anak-anak bisa melaksanakan kegiatan dengan nyaman dan siap untuk belajar,” sebut Kepala SDN 1 PPT, Nurmayeti. 

    Seorang wali murid, Amilia mengaku senang anaknya bisa sekolah di SDN 1 PPT ini. “Pendidikan sekarang makin hari semakin bagus dan penyusunan kurikulum juga disusun sebaik mungkin. Sehingga membuat anak-anak betah dan nyaman belajar di sekolah. Semoga dengan adanya kegiatan MPLS ini, kami sebagai orang tua dapat memantau dengan baik bagaimana anak-anak di sekolah dan koordinasi dengan pihak sekolah juga baik,” harapnya.

    Sementara itu di SDIT Tahfizh HM Syarif yang teletak di Bancalaweh, para orang tua tampak sangat antusias mengantarkan buah hatinya. MPLS di sekolah tersebut berlangsung hingga Sabtu (22/7) mendatang. Masuk pukul 07.15 WIB, pulang pukul 10.00 WIB. 

    Teras sekolah pun penuh dengan wali murid. Sesekali mereka mengintip dari pintu depan kelas. Sementara yang lain menatap dari jauh lewat jendela. “Senang sekaligus terharu, (anak saya) udah SD saja," ucap Rina salah seorang orang tua murid. 

    Kepala SDIT HM Syarif, Sasmaini Syarif, mengatakan, lewat MPLS ini murid diajak  beradaptasi dengan lingkungan sekolah. “Kita memperkenalkan anak dengan ustazahnya, dengan sesama teman.  Lalu mengajak anak mengenal fasilitas seperti labor, perpustakaan, kantin dan toilet,” sebutnya. 

    Sedangkan di SDIT Juara, penyambutan siswa baru, pihak sekolah mengadakan kegiatan foto bahagia hari pertama menjadi keluarga Juara bersama orang tua dan siswa baru. Serta mengadakan pelepasan balon cita-cita sebagai bentuk antusias SDIT Juara dalam menyambut tahun ajaran baru. Penerimaan siswa baru di SDIT Juara tahun ini sebanyak 78 orang yang terdiri dari tiga kelas.

    Sementara di SMPN 1, Kepala Sekolah, Ermita, S.Pd saat upacara dan membuka kegiatan MPLS, mengajak seluruh siswa dan warga sekolah untuk memulai menggali ilmu dan melaksanakan tugas, serta mematuhi aturan sekolah yang berlaku. (paulhendri)