×

Iklan


Gunakan Bahu Jalan, Satpol PP Padang Tindak Pengepul Barang Bekas

12 Juni 2024 | 20:05:17 WIB Last Updated 2024-06-12T20:05:17+00:00
    Share
iklan
Gunakan Bahu Jalan, Satpol PP Padang Tindak Pengepul Barang Bekas

Padang – Ada-ada saja ulah warga yang ujung-ujungnya melanggar aturan. Kali ini pengepul barang bekas di kawasan Aia Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, ditertibkan petugas Satpol PP Padang karena memakai bahu jalan sebagai bagian lokasi usahanya.

Petugas penegak Perda sudah pernah mengingatkan agar pemilik usaha barang bekas itu menggeser lokasi usahanya ke belakang dan tidak lagi menggunakan bahu jalan. Sebab itu menyebabkan penyempitan jalan raya.

“Pemilik lapak barang bekas di Jalan By Pass KM 16 itu, sudah sering diingatkan sekaligus teguran oleh pihak Kelurahan Aia Pacah, Kasi Trantib dan Satpol PP BKO Kecamatan Koto Tangah,” kata Kasat Pol PP Padang, Chandra Eka Putra usai penertiban, Rabu (12/06/2024).

    Dikatakan, pengepul barang bekas itu menggunakan bahu jalan sebagai sarana menumpuk barangnya. Jika dibiarkan tentu dapat merusak estetika kota maupun kebersihan lingkungan setempat. Selain itu, pengepul tersebut juga melanggar Perda 11 Tahun 2005, tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

    Penindakan terhadap pengepul barang bekas itu, ujar Chandra Eka Putra, berawal dari laporan masyarakat sekitar yang merasa terganggu. Petugas Satpol PP Padang beserta BKO Kecamatan Koto Tangah langsung menyikapi laporan tersebut dan mendatangi lokasi.

    Untuk langkah awal, petugas memberikan teguran secara persuasif. Selain itu petugas juga meminta pemilik untuk segera membersihkan dan merapikan kembali tumpukan barang bekas yang sudah memakai bahu jalan tersebut.

    "Kita amankan satu unit timbangan dan pemilik kita berikan surat panggilan untuk menghadap Penyidik Pegawai negeri Sipil (PPNS). Kita juga mengimbau agar pemilik merapikan sendiri barangnya. Jika tidak diindahkan maka kita akan lakukan tindakan tegas sesuai aturan," ucap Chandra.

    Chandra berharap, masyarakat Kota Padang Padang mematuhi aturan yang ada dan tetap menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di wilayahnya. Siapa lagi yang akan menjaga kota ini kalau bukan warganya.

    “Bagi warga yang menemukan adanya dugaan pelanggaran Perda, silakan lapor ke kami melalui Telfon ke PCC 112 atau langsung ke Mako Satpol PP Padang,” katanya.

    Selain itu, pihaknya juga berharap agar warga Kota Padang tetap mematuhi aturan yang ada agar Kota Padang menjadi Kota yang BERIMAN, yaitu Bersih, Indah dan Nyaman. (devi)