×

Iklan


GSM Sumbar Titip Aspirasi kepada Calon Anggota DPD RI Leonardy Harmainy

31 Oktober 2023 | 10:48:34 WIB Last Updated 2023-10-31T10:48:34+00:00
    Share
iklan
GSM Sumbar Titip Aspirasi kepada Calon Anggota DPD RI Leonardy Harmainy

Padang, Khazanah – Warga Sunda yang tinggal dan menetap di Padang menitipkan aspirasinya kepada calon Anggota DPD RI Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa. Sikap tersebut tak serta merta mereka sampaikan, namun telah melalui berbagai pertimbangan, di antaranya Leonardy dinilai sebagai tokoh yang religius dan agamais, memiliki kapasitas dan kompetensi yang telah teruji selama ini baik sebagai Anggota DPRD Sumbar dulunya hingga kini tetap dipercaya sebagai senator.

“Pak Datuk itu memiliki komitmen dan peduli dengan para perantau dari berbagai suku yang bermukim di Ranah Minang, tak terkecuali Suku Sunda,” kata Amin Prabu, Ketua PPW Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Perwakilan Sumbar saat besilaturahmi dengan calon Anggota DPD RI Leonardy Harmainy, Minggu malam (29/10/2023) di Padang.

Silaturahmi tersebut dihadiri Pembina Paguyuban Warga Sundang (PWS) Sumbar, Didin Tohidin serta segenap warga Sunda dari berbagai kabupaten/kota di Sumbar. Untuk menyongsong Pemilu 2024, warga Sunda di Ranah Minang  sepakat bersatu dalam wadah Gerakan Sunda Memilih (GSM) Sumbar. 

    Amin Prabu adalah inisiator Gerakan Sunda Memilih (GSM) di Sumbar. GSM adalah sebuah gerakan masyarakat Sunda untuk menjadi kelompok yang aktif sebagai pemilih dan menjadi bagian yang penting dari Pileg dan Pilpres 2024. GSM bertujuan untuk memaksimalkan partisipasi pemilih di Sumbar terutama dari warga asal Sunda agar sura mereka lebih terarah dan bermartabat.

    “Kami juga mendorong Ki-Sunda sebagai subyek politik serta mendukung dan membersamai tokoh Sunda Asli dan tokoh masyarakat yang Nyunda - Nyantri - Nyakola,” jelas Amin Prabu.

    Ditambahkannya, potensi warga Sumbar di Ranah Minang cukup besar. Berdasarkan data tahun 2014, jumlah warga Sunda yang tinggal di Sumbar sekitar 68.700 orang. Mereka paling banyak tinggal di Dharmasraya, Pasaman Barat, Sijunjung, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Tanah Datar dan Limapuluh Kota. Di Padang, jumlah warga Sunda sekitar 4.000 orang.

    “Seluruh warga Sunda tersebut sudah memiliki KTP daerah setempat dan bekerja pada berbagai sektor, seperti pertanian, perdagangan dan lainnya,” katanya.

    GSM ini dipimpin oleh Otong Rosadi dan dilengkapi dengan koordinator pada sejumlah kabupaten/kota, masing-masing Kaid di Kota Padang, Ndut Ahadiyat sebagai koordinator Pesisir Selatan dan Mentawai, Tuti di Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, Rossi di Sijunjung, Ikhsan di Limapuluh Kota, M. Abdilah di Pasaman Barat, Rahmat di Pasaman dan Wahyudin di Dhamasraya.

    “Dalam hal ini, saya memimpin GSM dalam rangka mendukung tugas KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Soal pilihan, itu adalah hak masing-masing,” ujar Otong Rosadi.

    Leonardy mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan warga Sunda yang tinggal di Sumbar untuk dirinya. Pihaknya siap memperjuangkan aspirasi yang disampaikan. Untuk itu, pihaknya mohon doa segenap masyarakat khususnya warga Sunda di Sumbar agar dia kembali ke Senayan.

    “Anggota DPD RI itu berbeda dengan anggota DPR RI, sebab anggota DPD RI maju secara pribadi berdasarkan dukungan masyarakat yang dibuktikan dengan KTP by name by address,” terang Leonardy.

    Diterangkan Leonardy, DPD berperan penting dalam mendorong percepatan pembangunan di daerah sesuai tugasnya mengawal kemajuan masyarakat berdasar prinsip teritorial. Selama mengemban amanah sebagai anggota DPD RI, pihaknya sudah mendatangi banyak nagari di Sumbar menyerap aspirasi mereka.

    GSM juga memberikan dukungannya kepada caleg DPR RI Dapil Sumbar 1, H. Asnawi Bahar dari PAN dan caleg DPR RI Sapil Sumbar 2, Hj. Dhifla Wiyani, SH, MH dari Partai Golkar. (unni)