×

Iklan


Gelar Aksi Bersih Pantai sebagai Wujud Komitmen PLN Tangani Sampah

05 Juni 2024 | 22:06:27 WIB Last Updated 2024-06-05T22:06:27+00:00
    Share
iklan
Gelar Aksi Bersih Pantai sebagai Wujud Komitmen PLN Tangani Sampah

Padang – Beberapa waktu belakangan, banyak pihak mengeluhkan kondisi Pantai Padang yang dipenuhi oleh sampah. Dan bagai menjawab hal tersebut, jajaran PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumbar menggelar aksi bersih pantai dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Rabu (05/06/2024).

Aksi bersih pantai ini juga dihadiri Gubernur Sumbar, Mahyeldi yang berbaur dengan karyawan PLN bersama mitra yang mengenakan seragam kaos hitam. Para karyawan menyusuri pantai dan memungut sampah yang masih berserakan.

Gubernur Mahyeldi Ansharullah mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk terus berkolaborasi dalam menjaga kelestarian lingkungan dan keberlanjutan ekosistem. Sebagaimana upaya yang dilakukan oleh PLN UIP Sumbar.

    "Kita patut memahami, Peringatan Hari Lingkungan Hidup harus menjadi momen penting bagi kita untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran, kepedulian, dan konsistensi dalam menjaga lingkungan secara berkelanjutan," ujar gubernur dalam sambutannya.

    Tahun ini, lanjutnya, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia fokus pada upaya pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan meningkatkan ketahanan terhadap kekeringan. Sebab, seluruh bumi saat ini mengalami triple planetary crisis berupa perubahan iklim, kerusakan alam, kehilangan biodiversitas, dan krisis polusi serta limbah.

    "Inovasi menjadi bagian penting dalam menghadapi krisis yang dialami tersebut. Oleh karena itu, pemulihan serta restorasi lahan menjadi sangat penting. Kita di Pemprov Sumbar sangat mendukung upaya inovatif kabupaten/kota dalam menghadapi krisis tersebut," ujarnya lagi.

    Gubernur juga mengimbau seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan terkait untuk bekerja sama dalam penanggulangan sampah di setiap daerah. Pemprov Sumbar pun menyatakan kesiapan untuk mendukung segala upaya penanganan masalah sampah yang menjadi kewenangan dan tanggung jawab Pemka/Pemko.

    General Manager PLN UIP Sumbar, Eric Rossi Priyo menjelaskan, kegiatan bersih-bersih tersebut merupakan bagian dari rangkaian program Green Employee Involvement PLN yang melibatkan karyawan PLN, Icon+, Haliyora Power serta mitra binaan PLN.

    "Sebagaimana kita tahu, sampah adalah masalah penting yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Oleh karena itu pula, saat ini PLN terus mendukung komunitas masyarakat untuk mendaur ulang sampah. Serta hari ini, kita lakukan gerakan atau aksi bersih pantai sebagai wujud komitmen kita terhadap penanganan sampah," ujar Eric. (devi/adpsb)