Ilustrasi |
FEBRIANSYAH FAHLEVI -- Padang
Padang, Khazminang.id--Natal 2020 merupakan tahun ke dua bagi Freshness Justitio, 27 tahun, dalam berbagi bahagia pada saudaranya hanya lewat kiriman paket makanan khas daerah, terutama semenjak ia memutuskan memperistri dara Minang, Juni Hastuti, 25 tahun.
Ada teladan yang hendak ditunjukkan pria yang sekarang berdomisili di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) ini. Meski terpisah jarak dan berbeda keyakinan, namun hubungan persaudaraan tak hendak terputus begitu saja.
Dalam menyambut Natal tahun 2020 lalu, sambil memperkenalkan makanan khas dari kampung isterinya, pria yang memiliki dua orang putri ini pun mengirimkan oleh-oleh khas Minangkabau untuk kedua orang tua dan dua orang saudaranya di Jakarta.
Pada paket oleh-oleh makanan khas Minangkabau berupa rendang, dendeng batokok, karak kaliang, ikan bilih serta keripik balado itu, Freshness Justitio tak lupa menyelipkan ucapan pelukan hangat dan harapan terbaik untuk kedua orang tuanya Rian Cahyadi dan Mimi Florensia serta kedua orang kakak perempuannya dalam menyambut Natal dan tahun baru, dengan harapan semoga kedamaian, cinta, dan kemakmuran selalu menyertai kakak-kakanya.
Keesokan harinya, orang tua serta sang kakak Mery Kristiani dan Devi Patriana langsung menghubungi Freshness Justitio untuk mengabarkan paket yang dikirim melalui PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) sudah diterima, sambil mengungkapkan kebahagian mereka.
Kata Freshness Justitio, kecepatan dalam pelayanan inilah yang menjadi salah satu alasan dia mempercayakan JNE sebagai perusahaan jasa pengiriman barang dan logistik untuk memenuhi kebutuhannya.
Keyakinan Freshness Justitio ini dibenarkan oleh Yusran SE, Kepala Cabang JNE Padang yang beralamat di Jalan Nipah No.42 Berok Nipah Padang, Sumatera Barat (Sumbar).
“Ini bagian dari layanan kami yang mengusung tagline connecting happiness. JNE mampu membawa apapun, kemanapun, kapanpun melewati batas, melebihi harapan Anda,” kata Yusran yang mengawali karirnya di JNE Jakarta sebagai petugas packing kayu pada tahun 1998 ini.
Untuk kebahagian dan kepuasan konsumen kata Yusran yang mampu membawa JNE cabang Padang yang pada 2012 awalnya hanya memiliki karyawan 30 orang, sekarang sudah berjumlah 202 orang dengan 5 kantor perwakilan itu, berupaya mengutamakan kecepatan, keamanan, dan fleksibilitas dalam berbagai aktivitas.
Kini perusahaan yang didirikan oleh Soeprapto Suparno pada 26 November 1990 silam, yang pada awal kegiatan usahanya berfokus pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen, serta pengantaran dari luar negeri ke seluruh wilayah di Indonesia itu, dilengkapi dengan aneka ragam produk yang diaktualisasikan melalui layanan JNE Express, JNE Logistic dan JNE Freight.
Melalui JNE Express ini divisi ekspres JNE berupaya melayani kiriman paket dan dokumen peka waktu tujuan dalam negeri melalui lebih dari 1.500 titik layanan eksklusif dari penjemputan, hingga pengantaran yang tersebar di seluruh Indonesia.
Ini bisa diwujudkan lantaran layanan tersebut memanfaatkan moda transportasi tercepat yang tersedia dan melayani beragam jenis layanan sesuai kebutuhan pelanggan.
JNE kata Yusran, juga didukung layanan YES (Yakin Esok Sampai). Melalui produk ini JNE memastikan penyampaian barang ke penerima paling lambat jam 23.59 waktu setempat, yang berlaku untuk kota-kota yang telah ditentukan.
Bahkan manajemen JNE berani memberi garansi uang kembali (money back guarantee) apabila keterlambatan penyampaian disebabkan oleh pihak JNE.
Yusran mengakui, lantaran kondisi pandemi Covid-19 dan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah, layanan YES ini sempat terhenti. Namun khusus untuk Kota Padang layanan YES ini telah dibuka kembali sejak 25 Juli 2020, untuk wilayah pengiriman Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Cilegon, Bandung, Purwakarta, Karawang, Sukabumi, Cirebon dan Tasikmalaya.
Untuk kepuasan dan kebahagian konsumen, JNE juga didukung dengan prodok Cash On Delivery (COD) Retail. Ini merupakan fitur pembayaran bagi online seller yang melakukan pengiriman barang dengan menggunakan layanan JNE. Fitur layanan ini memungkinkan pembeli melakukan pembayaran langsung melalui kurir setelah serahterima paket dilakukan.
Dikatakan, adapun syarat dan ketentuan layanan COD Retail ini adalah, seller mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di Sales Counter JNE. Pada saat pendaftaran Seller melampirkan foto copy buku tabungan yang tertera nomor rekening. Selain itu Seller sudah terdaftar sebagai member JNE Loyalty Card (JLC) minimal 1 bulan berjalan.
COD Retail ini kata Yusran, diprioritaskan untuk online seller yang berjualan di luar marketplace. Biaya COD hanya dikenakan untuk transaksi pengiriman yang sukses terkirim dan dibuktikan dengan laporan Proof of Delivery (POD) pada sistem JNE.
Untuk biaya lain-lain kata Yusran menjelaskan, seperti biaya kirim, asuransi, packing, surcharge (apabila ada) dibayarkan pada saat transaksi pengiriman. Sementara itu, nilai yang JNE bayarkan kepada Seller adalah nilai yang telah dikurangi biaya COD setelah kiriman sukses.
Dikatakan Yusran, maksimal nilai atau harga barang dengan layanan COD Retail adalah Rp5 juta per connote atau transaksi.
“Kiriman wajib diasuransikan apabila harga barang diatas 10 kali ongkos kirim. Kiriman yang tidak berhasil terkirim (undelivery) akan dikembalikan (return) langsung ke pihak Seller setelah mendapatkan konfirmasi dari pihak Seller,” ujar Yusran.
Kelebihan layanan ini tidak harus menggunakan uang cash. Pembayaran biaya COD juga dapat menggunakan uang digital. Yusran menyebutkan, masih banyak lagi produk dan layanan yang disediakan JNE, seperti Super Speed (SS), yang merupakan layanan pengiriman dengan mengutamakan kecepatan dan penyampaiannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan atau disepakati, dengan ketentuan layanan SS tersedia di wilayah tujuan tertentu melalui moda transportasi darat maupun udara. Khusus transportasi udara adalah yang memiliki jadwal penerbangan langsung (direct flight) ke tujuan.
Bahkan untuk layanan ini berlaku garansi uang kembali apabila pengiriman lebih dari 24 jam atau melampaui permintaan khusus (special instruction).
Tak hanya itu, JNE juga punya layanan pengiriman dalam jumlah besar dengan menggunakan armada truk melalui darat dan laut dengan harga yang kompetitif, yang disebut dengan JNE Trucking (JTR).
Untuk layanan ini minimal minimum berat paket yang dikirimkan adalah 10 Kg, layanan ini berlaku untuk pengiriman nasional, seperti untuk pengiriman motor dan lainnya.
Sementara untuk konsumen yang bermobilitas tinggi dan tidak selalu berada di satu tempat atau tidak dapat menerima kiriman secara langsung, tersedia layanan JNE Pick-Up Point (JNE PIPO).
Layanan ini memungkinkan konsumen untuk meminta paket dikirimkan ke cabang JNE terdekat yang melayani PIPO untuk bisa diambil kapan saja dalam waktu lima hari sejak paket tiba.
“JNE Pick-Up Point ini merupakan layanan alternatif pelanggan dalam proses penerimaan kiriman. Dengan JNE PIPO, pengirim dan penerima dapat memilih cara penyampaian kiriman dengan cara diambil sendiri di cabang JNE terdekat yang mempunyai layanan PIPO,” kata Yusran.
Untuk layanan ini kata Yusran, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, pertama memberitahukan kepada petugas cash counter untuk menggunakan layanan Pick-Up Point. Kemudian mengisi data penerima, seperti Nama dan No. ID KTP/SIM/lainnya pada resi pengiriman, kemudian memilih lokasi (counter JNE) yang tersedia di tempat pengambilan pada kota tujuan.
Langkah ketiganya adalah menerima bukti pengiriman berupa nomor resi dan PIN (bersifat rahasia) dari petugas counter tempat pengiriman. Selanjutnya pengirim memberitahukan nomor resi dan PIN kepada penerima.
Setelah terkirim, penerima bisa melakukan pengambilan kiriman di counter JNE yang sudah ditentukan oleh pengirim dengan menunjukkan nomor resi dan PIN serta identitas diri. Lalu menandatangani resi pengiriman sebagai bukti pengambilan.
JNE juga menyediakan layanan pengiriman dengan tujuan ke luar negeri melalui JNE Internasional dengan beberapa ketentuan, dimana pengantaran berlaku di hari kerja di negara tujuan dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman (estimate time delivery) bervariasi tergantung zona negara.
Untuk layanan JNE Internasional ini pengirim wajib menyertai dengan commercial invoice dengan menggunakan bahasa inggris dan tidak diperkenankan menggunakan tulisan tangan dengan detail: Harga barang dan jumlah barang.
Penulisan alamat penerima harus mencantumkan kode pos dan nomor telepon penerima dan alamat email (jika memiliki).
Sementara itu untuk kiriman non dokumen berupa cairan atau bubuk harus menyertakan Material Safety Data Sheet (MSDS) dan menginformasikan kepada customer untuk jenis kiriman tersebut diperlukan penambahan waktu pengiriman dari estimasi yang berlaku, karena harus dilakukan pengecakan MSDS terlebih dahulu.
Apa yang dilakukan manajemen JNE ini kata Mohamad Feriadi, Direktur PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) seperti dikutip dari iNews.id, adalah sebagai upaya membuktikan bahwa JNE hadir sebagai rantai pemersatu yang menghubungkan seluruh wilayah sampai ke pelosok-pelosok nusantara.
Dalam tiga dekade (30 tahun) perjalanan JNE kata Mohamad Feriadi, perusahaan jasa ini sudah harus menunjukkan eksistensi dan komitmennya sebagai salah satu perusahaan rantai pasokan global terkemuka dunia.
Mohamad Feriadi mengatakan, JNE ingin menjadi perusahaan yang menjadi jembatan penghubung yang mengantarkan kebahagiaan bagi masyarakat di seluruh wilayah nusantara.
“Kami ingin masyarakat terhubung dalam kebahagiaan. Karena bagi kami, pelanggan adalah raja dan kami selalu konsisten dalam melayani dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan orang-orang di sekitarnya. Tumbuh di tengah-tengah masyarakat, kami juga ingin berbahagia bersama masyarakat. Dan ini adalah tanggung jawab kami,” kata Feriadi seperti dikutip dari iNews.id.
Apa yang dilakukan pihak manajemen melalui 150 lokasi layanan JNE yang kini telah terhubung dengan sistem komunikasi online, tak mengherankan perusahaan yang bergerak di bidang jasa ini meraih berbagai penghargaan dan pencapaian ISO 9001: 2008 pada sistem manajemen mutu.
Seiring dengan itu tak mengherankan pula bila perusahaan peraih penghargaan Top Corporate Social Responsibility (CSR) yang diselenggarakan Tras & Co, Infobrand (2020), The Best CSR Program During Pandemic of Logistic Company 2020 (Indonesia Property and Bank Award XV), serta berturut-turut meraih Baznas Award (2019-2020) sebagai perusahaan dengan CSR terbaik itu mendapat kepercayaan dari pelanggan di seluruh Indonesia. ***