×

Iklan


Filosofi TOA, Sound not Equipment

26 Februari 2022 | 09:21:52 WIB Last Updated 2022-02-26T09:21:52+00:00
    Share
iklan
Filosofi TOA, Sound not Equipment
Salah satu produk TOA

Padang, Khazminang.id --  TOA jadi terkenal belakangan ini di Indonesia sejak Menteri Yaqut mengedarkan surat pengaturan volume azan lewat TOA Masjid. Kalau mengundang kecaman publik ketika sang menteri menganalogikan keberisikan suara bimbingan anjing dengan suara azan lewat TOA. 

Tapi siapa yang tahu produk TOA itu sebenarnya?

Dikutip dari wikipedia, TOA sudah membuat pengeras suara itu jauh sebelum  Indonesia merdeka.

    TOA Corporation adalah perusahaan produsen perangkat teknologi komunikasi yang berkantor pusat di Minatojima-Nakamachi, Chuo-ku, Kobe, Jepang. Dalam produksi perangkat teknologi komunikasinya, TOA Corporation mengacu pada tiga konsep, yaitu keamanan dan keselamatan, informasi dan komunikasi, serta audio profesional. Slogan perusahaan ini adalah "Sound, Not Equipment" yang bermakna bahwa TOA menghasilkan suara yang bagus, bukan perangkat. 

    TOA Corporation didirikan oleh Tsunetaro Nakatani pada tahun 1934 dengan nama TOA Electronic Manufacturing Company yang memproduksi pengeras suara dan mikrofon. Pada tahun 1945, pabrik TOA luluh-lantak akibat serangan udara sehingga dipindahkan ke Tokushima, lalu kembali lagi ke Kobe pada tahun 1947 bertempat di Rumah Sakit Kobe. Pada tanggal 20 April 1949, nama perusahaan ini diubah menjadi TOA Corporation dengan modal 500.000 yen dan 12 pekerja. Pada tahun 1954, TOA memproduksi megafon listrik pertama di dunia. Pada perhelatan Olimpiade Musim Panas 1964 di Jepang, perangkat TOA dipasang di 31 lokasi olimpiade. 

    Pada tahun 1970-an, TOA Corporation mulai melebarkan sayapnya ke mancanegara seperti Jerman, Amerika Serikat, Inggris, Afrika Selatan, Taiwan, Kanada, dan Indonesia. Pada tahun-tahun berikutnya, perusahaan ini berinovasi dengan memproduksi amplifier nirkabel, mikrofon, pengeras suara, sistem CCTV, sistem karaoke, dan sistem telekonferensi. Perusahaan ini mendapat sertifikat ISO pada tahun 1992. 

    Falsafah bisnis

    Tiga Kebijaksanaan Dasar Manajemen yang diterapkan TOA, antara lain: 1) Kepercayaan total dari pelanggan dalam penggunaan semua produk. 2) Kepercayaan total dari rekan-rekan dalam semua transaksi bisnis. 3) Keyakinan total karyawan dalam semua usaha mereka.

    Fokus usaha

    TOA memfokuskan usianya pada produksi dan penjualan publik peralatan penyiaran, peralatan komunikasi, serta peralatan transmisi informasi lainnya.

    Kemudian juga fokus pada produksi dan penjualan peralatan audio visual, perangkat listrik, dan elektronik lainnya.

    TOA juga menerapkan sewa, desain, dan pemasangan peralatan di atas. Termasuk juga sewa dan manajemen kinerja ruang dan studio serta perencanaan dan pengelolaan acara musik.

    TOA Corporation memiliki pabrik di Indonesia dengan nama PT TOA Galva yang memproduksi perangkat teknologi komunikasi sesuai dengan standar dan kriteria dari TOA Corporation, berlokasi di Jalan Raya Jakarta–Bogor km. 34–35, Cimanggis, Depok.

    Dalam keseharian masyarakat Indonesia, TOA lebih dikenal sebagai pengeras suara karena megafon buatan TOA banyak dipakai di kantor dan fasilitas umum serta dalam berbagai kegiatan.(eko/wiki)