×

Iklan

FORUM INVESTASI SUMBAR DI BATAM
Fadly Amran Tawarkan Rest Area, Suhatri Bur Tawarkan Anailand

24 Mei 2023 | 08:42:26 WIB Last Updated 2023-05-24T08:42:26+00:00
    Share
iklan
Fadly Amran Tawarkan Rest Area, Suhatri Bur Tawarkan Anailand
Walikota Fadly Amran dan Bupati Suhatri Bur

Padang Panjang, Khazminang.id --  Forum investasi Sumbar digelar di Batam, Walikota Padang Panjang menawarkan rest area, sedang Bupati Padang Pariaman menawarkan kawasan Anailand, kedua-duanya berkaitan dengan sektor pariwisata.

Walikota Padang Panjang,  Fadly Amran mengatakan, Kota Padang Panjang selain memiliki keindahan alam yang asri dan udara yang sejuk, memiliki beberapa peluang besar investasi, salah satunya di lokasi Rest Area Silaing Bawah.

    Hal itu disampaikan Fadly Amran dihadapan peserta West Sumatera Investasi Forum (WSIF) 2023 yang digelar Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar dengan menghadirkan investor-investor lokal dan luar negeri diantaranya Malaysia dan Singapura, Senin (22/5) di Harris Hotel Batam Center, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

    "Rest Area, Silaing Bawah, salah satu yang menjadi potensi investasi yang besar dikarenakan Padang Panjang merupakan kota perlintasan dan memiliki akses terdekat ke kabupaten/ kota di Sumbar,” kata Fadly.

    Menurut dia, lokasi Rest Area ini berada persis di sisi jalan lintas dan berdekatan dengan salah satu ikon kuliner Kota Padang Panjang seperti Sate Mak Syukur, Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM).

    Kawasan ini ditawarkan dengan total area lebih kurang 65.400 m2 atau 6,5 hektare, terdiri dari hutan kota (2.600 m2), rest area (3.750 m2), kawasan alam untuk turis (3.500 m2), ruang terbuka dalam bentuk taman (750 m2), museum park (15.000 m2), area parkir (11.500 m2) dan ruang terbuka hijau (26.500 m2).

    "Dari keseluruhan kawasan yang ditawarkan, area yang dapat diinvestasikan 2,5 hektare. Dengan skema kerja sama investor dengan pemerintah kawasan clean and clear dan area yang ditawarkan sudah memiliki master plan," ujar dia.

    Fadly berharap, dengan potensi yang ada di Padang Panjang, bisa menarik investor untuk berinvestasi di kawasan rest area ini yang nantinya akan berpengaruh baik bagi masyarakat Kota Padang Panjang.

    Padang Pariaman 

    Sementara itu di forum yang sama  Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menawarkan para investor untuk menanamkan modal di  Wisata Alam dan Edukasi Anailand. “Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sangat terbuka dalam menerima investor, tidak hanya peluang di bidang pariwisata tetapi juga di semua bidang,” ajak sang Bupati.

    Menjadi peserta di WSIF Tahun 2023 ini adalah empat kabupaten/kota yang terpilih, karena sebelumnya, seluruh kab/kota telah mempresentasikan keadaan daerahnya untuk dijadikan tempat-tempat investasi yang akan ditawarkan kepada para investor. Presentasi tersebut harus sesuai dengan Investment Project Ready To Over (IPRO).

    Maka setelah melalui seleksi yang cukup panjang dan ketat maka Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, Kota Solok, Kota Padang Panjang yang diusulkan menjadi tempat sebagai pilihan bagi para investor-investor tersebut. (suger/paulhendri)