×

Iklan


Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan, Uji Emisi Kendaraan di Padang Rutin Digelar Tiap Tahun

14 Oktober 2021 | 13:40:01 WIB Last Updated 2021-10-14T13:40:01+00:00
    Share
iklan
Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan, Uji Emisi Kendaraan di Padang Rutin Digelar Tiap Tahun
Kepala DLH Kota Padang, Mairizon. IST

Padang, Khazminang.id-- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang rutin menggelar uji emisi kendaraan setiap tahunya di Kota Padang.

Hanya saja di tahun 2020, DLH Padang tidak melakukan uji emisi kendaraan karena kondisi pandemi Covid-19. Hal itu dikatakan Kepala DLH Kota Padang Mairizon, Rabu (13/10/2021).

“Ya, uji emisi kendaraan merupakan kegiatan rutin yang harus dilaksanakan Pemko setiap tahun sesuai dengan perintah Kementerian LHK,” sebut Mairizon.

    Dikatakan Mairizon, sumber pencemaran udara 70 persen berasal dari kendaraan bermotor. Jadi dengan uji emisi maka dapat diketahui kendaraan-kendaraan yang telah melewati baku mutu agar segera dilakukan perawatan secara berkala.

    “Kita berharap uji emisi kendaraan ini bisa terus dilakukan sehingga kualitas udara di Kota Padang dapat dipantau. Di mana, kualitas udara ambien kita dari standar nasional 65, kita mencapai 78. Kita berharap ini bisa dipertahankan,” harap Mairizon.

    Mairizon menambahkan, pengujian emisi yang dilakukan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan udara bersih di Kota Padang. Yakni melalui perilaku warga dan pengemudi untuk melakukan pengujian emisi kendaraannya secara berkala. (mc/hms)