×

Iklan


Efek Terlalu Lama Belajar dari Rumah, Murid Kelas 4 SD Ini Lupa Cara Membaca

06 September 2021 | 15:58:17 WIB Last Updated 2021-09-06T15:58:17+00:00
    Share
iklan
Efek Terlalu Lama Belajar dari Rumah, Murid Kelas 4 SD Ini Lupa Cara Membaca
Foto ilustrasi. IST

Cianjur, Khazminang.id-- Efek pandemi Covid-19 terasa sangat nyata bagi dunia pendidikan, terutama di Indonesia. Tak semua murid bisa menerima cara belajar secara daring. 

Di Cianjur, ada cerita memprihatinkan yang datang dari seorang murid sekolah dasar. Murid kelas 4 di sebuah sekolah dasar negeri di Cianjur diketahui lupa cara membaca saat sekolah tatap muka kembali dibuka. 

Hal itu membuat Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur turun tangan menyelidiki penyebabnya.

    Tak Ada yang Mengawasinya Belajar

    Berdasarkan penelusuran Disdik Cianjur, ternyata selama masa pembelajaran di rumah, murid itu tidak ada yang mengajari atau memperhatikan kegiatan belajar di rumah.

    Sang ibu diketahui sibuk bekerja lantaran sang ayah sudah meninggal. Karena prihatin, guru-guru di SD anak tersebut pun berembuk dan fokus untuk menangani secara cepat agar murid tersebut bisa kembali membaca.

    "Jadi ada murid kelas 4 sekolah dasar yang lupa cara membaca karena kelamaan di rumah. Setelah kami telusuri ternyata ibunya bekerja dan ayahnya sudah meninggal, jadi tak ada yang memperhatikannya saat belajar di rumah," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Himam Haris, dilansir kompas.com, Senin (6/9/2021).

    Himam Haris merasa prihatin dengan kondisi tersebut dan memerintahkan semua guru untuk mengecek kondisi pelajar di semua sekolah dasar di Cianjur. 

    "Khawatirnya ini ada lagi kasus serupa, tapi saya menerima laporan bahwa di sekolah tersebut gurunya sudah berembuk untuk mencari solusi yang baik bagi pelajar tersebut," kata Himam Haris. 

    Ia berharap penanganan pandemi covid-19 di Cianjur merata baik untuk guru dan pelajar. Menurutnya hingga saat ini ia belum menerima laporan kejadian di Minggu pertama pembelajaran tatap muka terbatas di Cianjur. (han/kmp)